10 Cara Menata Warung Sembako Rumahan Agar Lebih Cuan

 


Kalian mau buka usaha warung sembako, tapi bingung cara menata warungnya gimana? Atau kalian lagi cari referensi nih gimana caranya untuk menata warung sembako supaya rapi dan baik. Nah artikel ini bakalan membahas 10 cara untuk menata warung sembako atau warung kelontong supaya rapi dan enak dilihat sama pelanggan.

Kenapa harus ditata? karena warung sembako bervariasi mulai dari warung yang besar, sedang atau bahkan ada warung yang kecil. Apalagi di warung itu pun juga terdapat banyak barang yang dijual dan juga beberapa jajanan yang menjadikan warungnya terlihat ramai dan penuh akan barang.

Jadi tidak ada salahnya jika kita menata warung tersebut dengan baik dan benar, agar pembeli kita juga nyaman buat ke warung kita. Terutama sama peletakan barang barang nya pun juga harus rapi dan baik, agar kita dapat dengan mudah menemukan barang yang ingin dibeli oleh pelanggan kita.

Jadi pastikan kalian baca artikel ini sampai selesai ya, supaya kalian nggak ketinggalan tips atau cara menata warung sembako dengan baik dan benar supaya bisa lebih cuan dong pastinya!

1. Tempatkan barang sesuai jenisnya

Hal ini adalah hal yang fundamental dan tidak boleh di sepelekan ya sobat PRO!, karena selain memudahkan kita dalam mencari barang yang ingin dibeli oleh pelanggan, pelanggan pun ketika mencari sendiri akan mudah karena sesuai dengan jenis barangnya. Dan penempatan yang baik akan menjadikan pelanggan kita semakin senang dan nyaman untuk belanja di warung sembako kita.

Kalian bisa menempatkan barang barang sesuai dengan jenisnya, dikutip dari finance.detik.com, dapat diambil kesimpulan bahwa di toko sembako dalam menempatkan barang dapat dibagi menjadi 2 jenis, barang berupa makanan dan non-makanan.

Misal untuk peralatan sekolah seperti buku, pensil, penghapus kalian bisa menempatkannya menjadi satu bagian, dan juga misal untuk bahan masak seperti gula, tepung, garam, kalian bisa menempatkannya menjadi satu bagian sendiri.

2. Atur dengan baik letak rak dagangan

Untuk warung yang besar memang lebih leluasa untuk menempatkan rak dagangannya, namun untuk warung yang kecil, ini menjadi hal yang tidak bisa disepelakan. Karena peletakan rak yang tidak baik dan benar akan menjadikan warung terasa semakin sempit dan membuat pelanggan merasa tidak nyaman.

Kalian bisa mengatur rak dagangan berdasarkan kategorinya, dan pastikan letak rak kalian tidak mengganggu pelanggan kalian dalam memilih barang yang ingin mereka beli.

3. Meletakkan barang tertentu dari paparan sinar matahari secara langsung

Kadang ada nih barang barang yang tidak begitu menjadi masalah ketika diletakkan terpapar langsung sinar matahari, namun tidak sedikit juga barang barang yang harus diletakkan dengan baik agar tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung.

Kenapa? karena ada beberapa barang yang jika diletakkan langsung terpapar sinar matahari akan menjadikan barang tersebut cepat rusak dan tidak tahan lama. Seperti sayuran yang tidak boleh kalian letakkan langsung terpapar sinar matahari. Karena akan menjadikan sayurannya cepat layu dan menjadikan pelanggan merasa enggan untuk membelinya.

4. Beri label harga pada barang

Daripada kalian harus capek menjawab pelanggan yang bertanya tentang harga, kalian bisa memberikan label harga pada barang dagangan kalian, tidak harus semua barang kalian beri label, jika ada barang yang memungkinkan untuk tidak bisa diberi label harga, maka kalian tidak perlu memberikan label harga pada barang tersebut.

Selain memudahkan kita sebagai penjual, nantinya juga akan menjadikan pelanggan mudah dan tidak bingung. Kalian bisa memberikan label harga dengan cara menempelkannya ke barang kalian atau dengan menggantungkannya di atas produk kalian menggunakan tali, atau kalian juga bisa memberikan label harga pada rak barang tersebut.

5. Manfaatkan dengan baik bagian tembok warung

Hal yang bisa kalian lakukan untuk menata warung sembako kalian dengan mudah, adalah kalian bisa memanfaatkan dengan baik bagian tembok dari warung kalian. Kalian bisa menjadikan bagian tembok tersebut tempat sebagai rak barang yang ditempelkan di bagian atas, atau untuk menggantung barang, sehingga kalian akan mempunyai ruang lebih untuk meletakkan barang dagangan kalian.

Cara ini bisa memudahkan pelanggan kalian dalam melihat dan mencari barang yang ingin mereka beli, mereka pun juga lebih leluasa dalam memilih barang tanpa harus keliling mencari barangnya.

6. Gunakan gudang untuk stok barang

Untuk menjadikan warung kita rapi dan memiliki ruang lebih, kalian bisa menggunakan gudang untuk stok barang, sehingga barang barang yang lebih, bisa kalian simpan dan sewaktu waktu bisa kalian ambil dengan mudah. Dan juga cara ini menjadikan warung kalian terlihat lebih rapi dan nyaman untuk di lihat. 

7. Perhatikan peletakan barang

Hal yang nggak boleh lupa adalah kita juga harus memperhatikan letak barang dagangan kita, karena salah dalam meletakkan barang dagangan akan menjadikan kita nantinya repot dan warung pun terlihat kurang baik.

Kalian bisa memaksimalkan penggunaan rak barang dagangan, baik itu rak di bagian bawah atau yang ada di bagian atas. Misal ada barang yang berat kalian bisa meletakkannya di bagian rak bawah, dan untuk barang yang ringan kalian bisa meletakknya di bagian rak atas, sehingga barang aman dan kalian bisa lebih mudah dalam mengatur warung kalian.

Jangan sampai ada hal hal yang tidak kita inginkan seperti barang yang rusak akibat tertimpa barang lain yang lebih berat karena peletakannya yang salah, sehingga kita mengalami kerugian!

8. Gunakan cat dinding yang baik

Sesuaikan cat yang ada di warung kalian ya, jangan sampai cat yang ada di warung kalian malah menjadikan pelanggan kalian bingung dan jenuh dalam mencari barang yang mereka beli, karena cat yang mengganggu mereka. Kalian bisa menggunakan warna warna yang cerah, seperti putih, kuining, dan lain lain.

Pastikan juga kalian tidak memilih warna cat yang menjadikan warung kalian terasa makin sempit, seperti warna warna gelap.

9. Jaga kebersihan

Sebaik apapun warung kalian, baik itu dari penataan rak dan barangnya, jika kalian tidak menjaga kebersihan warung kalian, maka pelanggan pun akan meraasa kurang nyaman berbelanja di warung kalian.

Pastikan kalian menjaga kebersihan lantainya, atapnya, rak dagangan dan bahkan barang dagangannya, sehingga pelanggan akan merasa senang dan nyaman untuk belanja di warung kalian.

10. Gunakan Pola Grid Pattern

Dikutip dari finance.detik.com, penggunaan pola ini dapat mengoptimalkan produk atau barang dan bisa memaksimalkan penggunaan produk. Dan akan memudahkan pelanggan dalam mencari barang, bukan hanya itu saja, kalian pun bisa dengan mudah dalam memantau warung kalian.

Kalin merasa tenang dan pelanggan pun merasa nyaman dalam berbelanja di warung sembako kalian.

Kesimpulan

Nah itu tadi adalah 10 Cara Menata Warung Sembako Rumahan Agar Lebih Cuan, gimana nih sob?, buruan dipraktekin ya supaya warung kalian makin rame pelanggan. 

Oh iya, yang terpenting selain dari menata warung kalian, kalian juga harus mengatur usaha kalian ini dengan baik dan benar, kalian bisa mengandalkan KasirPro untuk Yang namanya Perkasiran, Pencatatan atau pembukuan, dan juga Laporan penjualan.

Jadi kalian makin tenang dalam berbisnis, so sampai di sini dulu artikel kali ini, terimakasih buat kalian yang udah baca sampai habis, semoga bermanfaat.

Share artikel ini supaya makin bermanfaat untuk orang lain dan baca juga artikel artikel kami lainnya.

Bersama KasirPro Ayo Jadi Lebih PRO!

Komentar