10 Tips Memulai Bisnis Kuliner Agar Mudah Cuan

 

Sudah tidak dapat dipungkiri lagi bahwa setiap orang membutuhkan makanan, dan itu menjadi kebutuhan pokok mereka setiap hari. Hal inilah yang menjadikan banyak orang ingin memulai bisnis atau usaha di bidang kuliner.

Karena juga tidak sedikit orang yang suka untuk kulineran, mencicipi berbagai makanan dan minuman di berbagai daerah. Oleh karena itu tidak ada salahnya jika kalian membuka bisnis atau usaha kuliner. Dan didukung dengan berkembangnya teknologi menjadikan membuka dan memasarkan bisnis di bidang kuliner ini menjadi lebih mudah.

Lantas bagaimana cara untuk memulai bisinis di bidang ini? Apa saja yang harus dilakukan agar lebih mudah cuan dan bisnisnya bisa sukses? Nah di artikel ini kita akan bahas bersama tentang 10 Tips Memulai Bisnis Kuliner Agar Mudah Cuan.

10 Tips Memulai Bisnis Kuliner Agar Mudah Cuan

Nah untuk memulai bisnis di bidang kuliner ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, mulai dari modal, strategi, pemasaran dan masih banyak lagi. Dan tips tips memulai bisnis kuliner yang dikutip dari merdeka.com, adalah :

1. Tentukan Bisnis Kuliner Apa yang Ingin Dijalankan

Nah langkah pertama untuk memulai bisnis di bidang kuliner ini adalah menentukan bisnis kuliner apa yang ingin dijalankan. Pastikan bisnis kuliner ini sesuai dengan minat dan kemampuan kalian ya sob!

Jangan hanya mengikuti tren yang sedang beredar saja sob, karena ketika tren kuliner tersebut sudah tidak viral maka, bisnis kalian pun akan beresiko mengalami kegagalan. Kalian bisa memilih bisnis kuliner yang cocok dengan kemampuan dan minat kalian, misal bisnis kuliner makanan khas jawa, masakan padang, atau kuliner kue olahan berbahan dasar durian dan lain lain.


2. Lakukan Survey Pasar dan Potensi Bisnis

Yang kedua adalah kalian lakukan survey pasar terlebih dahulu, mulai dari mencari tahu bagaimana harga dan persaingan yang ada di pasar, karena bisa jadi di pasar yang kalian pilih bukan kalian saja yang berbisnis kuliner tersebut.

Dan juga temukan potensi yang bisa kalian gunakan untuk menjadikan bisnis kuliner kalian semakin menarik perhatian pelanggan. Sehingga kalian bisa mengatahui daya beli masyarakat terhadap kuliner kalian.


3. PIlih Lokasi yang Tepat

Agar bisnis yang kita jalankan bisa sukses kita harus pandai pandai dalam memilih tempat untuk membuka bisnis kuliner kita ini. Kalian bisa membuka di tempat yang ramai dikunjungi orang orang dan mudah untuk diakses oleh pelanggan.

Selain itu kalian juga harus mempertimbangkan modal yang kalian miliki, agar modal kalian tidak habis untuk memilih lokasi saja. 

Nah kalian bisa menjalankan bisnis kalian tanpa harus mempunyai tempat usaha, dengan cara menitipkan produk kalian dengan memilih ke lokasi strategis atau di tempat usaha mitra.


4. Siapkan dan Hitung Modal

Modal merupakan suatu hal yag harus kita pikirkan dan persiapkan dengan baik, Nah jika kalian hanya mempunyai modal yang kecil, kalian bisa juga melakukan beberapa usaha untuk menutupi kekurangan modal itu.

Mulai dari mengajak teman atau rekan kerja untuk memulai bisnis bersama, dan cara cara yang lain, Sehingga kalian lebih mudah memulai bisnis.


5. Miliki SDM atau Karyawan yang baik

Suatu bisnis akan berjalan dengan baik ketika kita memiliki Sumber Daya Manusia ( SDM ) yang unggul, oleh karena itu pilihlah karyawan yang unggul dan tekun dalam bekerja. Serta berilah mereka gaji yang sepadan dan tepat waktu, untuk menjada kestabilan keterampilan dan kesiapan karyawan.

Biasanya karyawan karyawan ini dibagi menjadi beberapa kelompok, seperti kelompok masak, kasir, pelayan dan lain lain. Jika bisnis kalian masih kecil, memiliki seorang asisten yang mempermudah pekerjaan kalian itu sudah cukup.


6. Pilih Pemasok Bahan Baku yang Berkualitas

Makanan atau Minuman yang kita buat haruslah berkualitas dan baik, oleh karena itu memiliki bahan baku yang berkualitas itu penting. Pastikan kalian memiliki pemasok tetap yang berkualitas ya sob, agar mampu mendukung proses produksi.

Selain itu agar kalian juga bisa mendapatkan harga relatif murah, dan miliki pemasok alternatif juga ketika pemasok yang satu tidak dapat memenuhi permintaan.


7. Tetapkan Menu Andalan

Di setiap bisnis kuliner biasanya ada kuliner atau menu andalan mereka sendiri sendiri, dan ini lah yang biasanya menjadikan sebuah bisnis menjadi daya tarik bagi pelanggan.

Pilihlah menu yang sesuai dengan target pasar kalian dan unik, yang belum ada atau berbeda dengan kompetitor lain.


8. Tentukan juga Target Pemasaran

Kalian juga harus menyesuaikan jenis bisnis atau usaha kalian dengan target pasar, karena meskipun kalian menawarkan harga yang murah, namun tidak sesuai dengan selera konsumen, maka kan menjadi kendala.


9. Promosikan dengan Baik

Kalian bisa melakukan berbagai promosi terhadap bisnis kuliner kalian, mulai dari mulut ke mulut, membuat brosur, memasang papan nama, membuat pamflet dan lain lain.

Atau kalian juga bisa mempromosikan bisnis kuliner kalian di medsos, seperti WhatsApp, Facebook, Instagram dan lain lain. Sehingga nantinya bisnis kalian semakin mudah dikenali oleh konsumen.


10. Miliki Izin Usaha

Izin usaha ini menjadikan kita dalam berbisnis dan usaha lebih mudah dan tenang, pastikan kalian mengurus surat izin usaha dari instansi pemerintahan atau pihak berwenang setempat.

Dan ketika bisnis kalian sudah semakin besar, kalian juga bisa mengurus Nomor Pokok Wajib Pajak ( NPWP ) dan juga mengurus surat izin yang lain.


Kesimpulan

Dan itu tadi adalah 10 Tips Memulai Bisnis Kuliner Agar Mudah Cuan,  gimana nih sob? langsung dipraktekin ya! Oh ya yang penting ketika kalian berbisnis adalah kalian mampu mengelola bisnis kalian dengan baik dan benar.

Dan salah satu caranya adalah kalian bisa mencoba platform atau aplikasi yang bisa membantu kalian untuk mengatur bisnis kalian. Salah satunya KasirPro.

Jadi KasirPro adalah aplikasi layanan kasir digital yang bakalan bantu kalian sama yang namanya, perkasiranpencatatan atau pembukuan, dan laporan penjualan.

So, sampai di sini dulu artikel kali ini, terimakasih buat kalian yang udah baca sampai selesai, jangan lupa untuk lihat dan baca artikel artikel kami lainnya. Share juga postingan atau artikel ini supaya makin bermanfaat untuk orang lain.

Bersama KasirPro Ayo Jadi Lebih Pro!

Komentar