10 Tips Memulai Usaha Fotocopy Agar Lebih Cuan

Tidak dapat dipungkiri bahwa hampir semua kalangan membutuhkan jasa fotocopy untuk kebutuhan atau keperluan mereka sehari hari, mulai dari fotocopy materi pembelajaran, dokumen kantor, dokumen administrasi, dan lain - lain.

Sehingga ini menjadikan usaha fotocopy menjadi salah satu ide usaha yang bisa anda coba, lantas bagaimana cara untuk membuka dan mempersiapkan usaha fotocopy tersebut? Di artikel ini kita akan bahas 10 Tips Memulai Usaha Fotocopy Agar Lebih Cuan, jadi pastikan kalian baca sampai selesai ya sob!

10 Tips Memulai Usaha Fotocopy

Nah di lansir dari finance.detik.com ada beberapa tips memulai usaha fotocopy ini sob, jadi tips - tips itu berupa :

1. Menyediakan Tempat Fotocopy

Nah ketika usaha ini nanti semakin berkembang maka akan lebih banyak membutuhakan ruang yang mampu menampung semua alat dan bahan bahan seperti mesin fotokopi, printer, kertas, dan lain lain, sehingga harus dipersiapkan dengan baik.

Untuk tempatnya perkiraan sebesar 2,5 m x 2,5 m. Kalian pun juga bisa memanfaatkan ruangan di rumah kalian, seperti garasi, ruang tamu, dan lain - lain.


2. Mempersiapkan Dengan Baik Operasional

Operasional yang dimaksud di sini seperti mesin fotokopi, kertas hvs, komputer, printer, dan lain sebagainya. Kalian pun juga bisa memiliki kesempatan untuk menjual kertas, alat tulis, dan perlengkapan yang lain, jadi kalian makin cuan deh!


3. Menentukan Harga yang Terjangkau

Banyaknya pelanggan yang tergiur dengan harga yang murah, menjadi salah satu keuntungan membuka usaha fotocopy, oleh karena itu kalian harus memikirkan dengan baik harga yang akan kalian berikan. Karena sebagian besar pengguna jasa fotocopy akan membutuhkan fotokopi dokumen atau bahkan juga kertas dalam jumlah yang besar.

Maka anda bisa menawarkan harga yang murah, misal kalian membuka harga fotocopy Rp. 100/lembar. Maka nantinya pelanggan kalian akan merasa senang karena harga yang kalian tawarkan terjangkau.


4. Memasang Papan Nama / Usaha

Salah satu teknik pemasaran dalam membuka usaha ini adalah kalian bisa memasang spanduk, banner, atau papan nama dari usaha kalian. Dan biasanya tempat fotocopy memperoleh spanduk gratis dari sponsor alat mesin fotokopi yang di mana, spanduk tersebut terdapat logo dari merek mesik fotokopi tersebut.


5. Memasarkan Usaha

Karena usaha ini sudah terdengan konvensional, bukan berarti kalian tidak membutuhkan aktivitas pemasaran. Kalian bisa memanfaatkan spanduk, brosur, atau media sosial untuk melakukan pemasaran.

Sehingga ketika pemasaran kalian berhasil dan pelanggan banyak yang tahu dengan usaha kalian, maka akan meningkatkan peluang keuntungan bagi kalian


6. Prioritaskan Kualitas Hasil dari Fotocopy

Di sini pastikan kalian memberikan hasil fotokopi yang berkualitas ya sob! Jangan sampai pelanggan kalian kecewa karena hasil fotokopi yang kurang optimal atau kurang bagus, mungkin dengan sebab seperti tinta mudah habis dan penyebab yang lain.

Semakin pelanggan kalian merasa puas dengan kualitas dari hasil fotokopi di usaha kalian, maka mereka akan semakin senang untuk menggunakan jasa fotokopi kalian.


7. Jual juga Produk Lain

Agar kalian bisa meraup keuntungan lebih banyak, maka tips ini cocok banget! Kalian bisa juga menjual produk - produk yang lain, contoh produk yang laris, seperti perlengkapan sekolah, stopmap, alat tulis kantor ( ATK ), amplop, materai, dan lain - lain.

Pastikan kalian juga memperhatikan kualitas dari produk - produk tersebut ya sob! Kalian juga bisa menyediakan fasilitas berupa wifi gratis, agar pelanggan kalian bisa mengakses dokumen yang tersimpan di internet.


8. Berikan Layanan secara Maksimal

Semakin banyak jumlah dokumen yang difotokopi, maka semakin cepat dan sigap pula karyawan yang berkerja. Oleh karena itu, selain kalian memperhatikan kualitas dari fotokopi kalian, kalian juga harus memberikan pelayanan yang terbaik, cepat, dan sigap, serta ramah terhadap pelanggan.


9. Sediakan Kertas yang Lengkap

Akan lebih baik ketika kalian juga menyediakan kertas yang lengkap, bukan hanya satu saja. Kalian juga bisa menyediakan kertas buram, HVS, atau transparan. Selain itu HVS sendiri ada tiga macam, mulai dari yang berukuran 70gr, 80gr, bahkan juga 100gr. Jenis kertas ini menjadi penentu berapa sebaiknya harga ditentukan ya sob!


10. Perluas Jaringan Usaha Kalian

Nah kalian bisa nih bekerja sama dengan lembaga pemerintahan, sekolah, bahkan perguruan tinggi untuk bisa mendapatkan orderan dalam jumlah yang besar, secara terus menerus. Dan pastinya akan ada perbedaan harga yang ditawarkan.


Kesimpulan

Dan itu tadi adalah 10 Tips Memulai Usaha Fotocopy Agar Lebih Cuan,  gimana nih sob? langsung dipraktekin ya! Oh ya yang penting ketika kalian berbisnis adalah kalian mampu mengelola bisnis kalian dengan baik dan benar.

Dan salah satu caranya adalah kalian bisa mencoba platform atau aplikasi yang bisa membantu kalian untuk mengatur bisnis kalian. Salah satunya KasirPro.

Jadi KasirPro adalah aplikasi layanan kasir digital yang bakalan bantu kalian sama yang namanya, perkasiranpencatatan atau pembukuan, dan laporan penjualan.

So, sampai di sini dulu artikel kali ini, terimakasih buat kalian yang udah baca sampai selesai, jangan lupa untuk lihat dan baca artikel artikel kami lainnya. Share juga postingan atau artikel ini supaya makin bermanfaat untuk orang lain.

Bersama KasirPro Ayo Jadi Lebih Pro!

Komentar