Contoh dan Tujuan Bisnis Plan dalam Memulai Usaha

 


Sebuah bisnis yang baik haruslah memiliki perencanaan yang baik pula, karena dengan perencanaan yang baik dan eksekusi yang baik pula, akan meningkatkan peluang suatu perusahaan untuk bisa sukses.

Namun apa sih Bisnis Plan itu, tujuan dibuatnya Bisnis Plan apa, dan gimana contohnya? Nah di artikel ini kalian akan mengetahui pengertian dari Bisnis Plan itu, tujuan dibuat untuk apa dan bagaimana contohnya.

Pengertian

Bisnis Plan sendiri adalah sebuah panduan atau dokumen tertulis yang di mana merangkum tujuan dan operasional bisnis secara menyeluruh.

Jadi Bisnis Plan ini harus kalian buat, baik itu untuk rencana berjangka pendek atau panjang, karena dengan Bisnis Plan ini, suatu perusahaan akan mengetahui langkah apa selanjutnya yang harus dilakukan.

Dilansir dari koinworks.com, bahwa sebuah Bisnis Plan umumnya, mencantumkan atau berisi strategi penjualan dan pemasaran, kondisi keuangan, seperti perkiraan pengeluaran dan pendapatan.

Tujuan

Lantas apa tujuan dari Bisnis Plan ini? Dikutip dari finance.detik.com, dilansir dari Growthink, ada bebrapa tujuan dari dokumen bisnis plan ini, yaitu :

1. Untuk Menunjukkan Keseriusan dalam Berbisnis

Hal ini tidak bisa disepelekan lho sob, karena dengan adanya Bisnis Plan ini akan menjadikan kalian terlihat serius dalam berbisnis, dan akan bedampak positif, apalagi dalam sebuah usaha untuk mendapatkan investor.

2. Menarik Investor

Nah, seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa dengan adanya Bisnis Plan ini akan membantu kamu dalam mencari investor. Karena seorang investor, pastinya juga ingin menanamkan investasinya kepada sebuah bisnis yang memiliki perencanaan yang baik dan matang.

3. Memahami Pelanggan

Nah karena dalam membuat Bisnis Plan kita harus memikirkan atau menganalisis pasar, maka kita juga akan lebih mudah dalam memahami kebutuhan dari pelanggan kita.

4. Menarik Kompetitor

Selain dari memahami pelanggan, dengan adanya Bisnis Plan ini adalah kita mampu nantinya untuk memahami kompetitor kita, dengan melakukan analisis pasar. Sehingga kita mampu untuk merancang atau membuat strategi bisnis kita sendiri.

5. Menarik Manajemen dan Karyawan, serta Patner

Salah satu tujuan dari Bisnis Plan ini adalah menarik seseorang untuk bergabung dengan perusahaan, karena perusahaan pun juga memerlukan pekerja atau karyawan yang baik dan berkualitas. Nah seseorang yang berkualitas, pastinya juga hanya ingin bergabung dengan perusahaan, yang di mana memiliki perencanaan yang baik dan juga jelas.

Sedangkan patner yang berkualitas dan baik, tidak akan mau untuk bergabung dengan perusahaan yang tidak memiliki perencanaan yang baik, jadi Bisnis Plan ini bertujuan untuk menarik patner agar mau diajak untuk kerja sama.

6. Mengatur Keunangan

Keuangan yang baik dalam perusahaan akan membantu sebuah perusahaan untuk bisa lebih baik lagi dalam membuat perencanaan dan strategi selanjutnya. Bisnis Plan akan membantu kalian dalam melekuakn pengelolaan uang secara baik.

7. Menjadi Landanan dan Membantu dalam Pengambilan Keputusan

Agar suatu bisnis dapat sukses maka eksekusi atau segala tindakannya juga harus sesuai dengan rencana yang dibuat, dan dengan adanya Bisnis Plan ini akan membantu kalian dalam mengambil keputusan.

Dan salah satu cara yang baik dan benar dalam mebuat sebuah keputusan, adalah dengan melihat kembali perencanaan yang sudah di buat.

8. Meningkatkan Potensi Kesuksesan

Seperti yang sudah dijelaskan di awal artikel ini, bahwa dengan perencanaan yang baik dan eksekusi yang baik pula, akan meningkatkan peluang suatu perusahaan untuk bisa sukses. Jadi pastikan kalian membuat Bisnis Plannya secara baik dan jelas ya sob!


Contoh

Dilansir dari finance.detik.com, ada beberapa komponen penting dalam sebuah Bisnis Plan ini sob, apa aja sih komponen - komponennya? Nah di sini juga kan ada contohnya!

1. Excutive Summary

Bagian yang menjelaskan atau menguraikan informasi perusahaan, mulai dari likasi, produk, target pasar, atau manajemen, dan juga disusun secara ringkas.

Contoh :
"KueBi merupakan sebuah usaha atau bisnis yang menyediakan produk berupa kue dengan olahan berbahan dasar ubi, yang terletak di Jalan Mawar, Kota Salatiga, Jawa Tengah. 

Bisnis ini menggunakan bahan bahan berkualitas yang langsung dikirim oleh para petani ubi di desa di Kabupaten Semarang, sehingga terjaga kualitasnya, dan di buat dengan variasi yang cukup banyak dan menyesuaikan selera anak remaja zaman sekarang. 

Tempatnya yang trategis dan kekinian membuat mudah dijangkau oleh banyak pengunjung dan digemari oleh remaja zaman sekarang."

2. Deskripsi Penjualan

Bagian yang menjelaskan sejarah perusahaan, visi dan misi, mitra perusahan dan penjelasan tentang tujuan perusahaan. Komponen ini penting karena untuk menarik perhatian investor.

Contoh :
"KueBi merupakan sebuah bisnis yang didirikan oleh sebuah organisasi di Salatiga, sejak Mei 2015, yang memiliki visi dan misi sebagai berikut :
  • Visi : Membuat kue yang mampu memberikan kesan bahagia pada setiap orang yang memakannya
  • Misi : Mengenalkan berbagai macam rasa dan olahan ubi dalam bentuk kue kepada pelanggan khususnya remaja zaman sekarang."

3. Produk / Jasa

Gambaran tentang bagaiamana produk atau jasa bisa memberikan keuntungan bisnis.

Contoh :
"KueBi menyediakan berbagai macam olahan ubi dalam bentuk kue, mulai dari kue ubi ungu, kue ubi jalar, kue ubi rebus, kue ubi original dan berbagai menu yang lain, dengan bahan yang baik dan brekualitas langsung dari sumber bahan baku. 

Bukan hanya kue saja namun KueBi juga menyediakan minuman pendamping seperti jus alpukat, dan jus nanas, sehingga pelanggan khususnya remaja tidak jenuh dan bisnis tetap ramai."

4. Analisa Pasar

Mengenal dan menganalisis pasar agar dapat mengidentifikasi persaingan dengan kompetitor. Analsisi berupa kebutuhan pasar dan bagaimana produk / jasa yang ditawarkan mampu memenuhi kebutuhan tersebut.

Contoh :
"Tidak dapat dipungkiri bahwa, tidak sedikit remaja sekarang yang mulai ketergantungan dengan makanan yang berkolestrol tinggi dan tidak menyehatkan, dan tingginy keinginan orang tua mereka untuk memenuhi kebutuhan makanan sehat bagi anak mereka. 

Dengan olahan ubi yang berkualitas dengan penggunaan gula yang tidak berlebihan dan variasi produk yang unik dapat meningkatkan peluang anak muda dapat tertarik dengan kue ini."

5. Strategi Marketing dan Sales

Bagaimana strategi marketing dalam menjangkau pelanggan, dan jelaskan pendekatan apa yang digunakan untuk bisa meningkatkan nilai penjualan.

Contoh :
"Karena target marketnya adalah para remaja, maka agar KueBi dapat dikenal dengan mudah, maka strategi pemasaran yang digunakan adalah Social Media Marketing. Karena tidak bisa dipungkiri banyak anak muda yang menggunakan social media untuk menyerap informasi.

KueBi memiliki akun tiktok dan instagram untuk mengenalkan produk dsn bisnis ke palanggan, dengan menyediakan konten yang bermanfaat dan menarik."

6. Operasional

Penjelasan tentang operasional perusahaan, berupa bagaimana cara perusahaan beroperasi serta barang apa saja yang diperlukan supaya perusahaan atau bisnis dapat berjalan.

Contoh :
"Bahan baku dibeli setiap 2 kali seminggu, agar menjada kualitas bahan baku tetap baik dan dapat memenuhi kebutuhan. Alat operasioan dicek setiap 2 minggu sekali. dan untuk jam operasionalnya mulai dari pukul 9 pagi sampai 10 malam dengan 2 kali pergantian shift karyawan."

7. Aspek Finansial

Buat laporan finansial yang baik dan detail, misal dalam budgeting.

Contoh :
Rencana Anggaran :
  • Sewa Tempat = Rp. 20.000.000/bulan
  • Ubi = Rp. 500.000/minggu
  • Alat = Rp. 34.000.000/bulan
  • Gaji = Rp. 25.000.000/bulan
  • Perlengkapan lain = Rp. 15.000.000/bulan
Sumber Anggaran
  • Perkiraan Dana dari Investor = Rp. 100.000.000
  • Dana Pribadi = Rp. 70.000.000
Nah jadi itu Sob! contoh dari Bisnis Plan, ini hanya contohnya sob! jadi kalian bisa kembangkan sendiri.

Kesimpulan

Dan itu tadi adalah Contoh dan Tujuan Bisnis Plan dalam Memulai Usaha,  Langsung dicoba ya sob! Yang penting ketika kalian berbisnis adalah kalian mampu mengelola bisnis kalian dengan baik dan benar, sehingga bisa membuat Bisnis Plan yang baik dan jelas.

Dan salah satu caranya adalah kalian bisa mencoba platform atau aplikasi yang bisa membantu kalian untuk mengatur bisnis kalian. Salah satunya KasirPro.

Jadi KasirPro adalah aplikasi layanan kasir digital yang bakalan bantu kalian sama yang namanya, perkasiranpencatatan atau pembukuan, dan laporan penjualan.

So, sampai di sini dulu artikel kali ini, terimakasih buat kalian yang udah baca sampai selesai, jangan lupa untuk lihat dan baca artikel artikel kami lainnya. Share juga postingan atau artikel ini supaya makin bermanfaat untuk orang lain.

Bersama KasirPro Ayo Jadi Lebih Pro!



Komentar