Manfaat Laporan Penjualan Bagi Wirausahawan


Laporan penjualan adalah hal yang penting bagi setiap pebisnis, karena laporan penjualan merupakan sebuah laporan yang berisi informasi tentang transaksi penjualan dari pihak bisnis atau perusahaan ke pelanggan. 

Laporan penjualan sering kali menjadi hal yang harus diperhatikan dengan baik dalam berbisnis, karena dengan laporan penjualan yang baiklah nantinya bisa mendapatkan ide atau strategi selanjutnya dalam berbisnis.

Oleh karena itu merancang dan mengatur laporan penjualan dengan baik adalah hal yang sangat penting, apalagi bagi pebisnis yang perlu laporan penjualan ini secara rutin.

Pengertian

Seperti yang sudah diterangkan diatas, bahwa laporan penjualan merupakan sebuah laporan keuangan yang berisi informasi atau data hasil dari transaksi penjualan dari pihak bisnis atau bahkan juga perusahaan ke pelanggan.

Dikutip dari finance.detik.com, dilansir dari buku Langkah Cepat Menguasai MYOB oleh Duwi Priyanto, laporan penjualan ialah laporan yang berisi tentang keuangan yang memberi informasi transaksi penjualan dari sebuah bisnis atau perusahaan ke pelanggan.

Apa Manfaatnya?

Lantas apa sih manfaat dari Laporan Penjualan, dan kenapa begitu penting dalam berbisnis? dikutip dari finance.detik.com, dilansir dari Leadsquared, beberapa manfaat dari laporan penjualan, yaitu :

1. Data Penjualan Akurat

Tidak dapat dipungkiri bahwa mulai dari bisnis kecil sampai bisnis yang besar perlu adanya laporan penjualan bahkan mungkin ada yang membutuhkan laporan harian, sehingga dengan adanya laporan harian penjualan, maka kalian akan daspat mengetahui feedback dari penjualan, kualitasnya, dan lain-lain.

Tidak hanya bermanfaat bagi owner, tapi juga bermanfaat bagi tim yang lain, misal untuk tim pemasaran, laporan penjualan berguna untuk menaikkan atau menurunkan anggaran dan fungsi fungsi yang lain.

2. Hemat Waktu & Sumber Daya

Waktu dan sumber daya adalah dua hal yang tidak boleh disepelakan dalam berbisnis ya sob, karena dengan mengelola waktu dan sumber daya yang baik akan membantu bisnis kalian makin maju.

Nah, dengan adanya laporan penjualan, maka kalian bisa mengetahui prospek mana yang harus dipertahankan, dan ditangani dengan waktu yang singkat, sehingga dengan adanya laporan penjualan kalian mampu untuk memahami pelanggan kalian, dan nantinya mempermudah kalian dalam mencari target audiens yang tepat.

3. Membantu Mengambil Keputusan

Dengan informasi yang baik dari laporan penjualan, kalian akan bisa mendapatkan data data yang bisa kalian gunakan dalam mengambil keputusan atau membuat strategi berikutnya. 

Karena dengan laporan penjualan kalian akan bisa mengetahui kondisi kantor dan di lapangan, sehingga kalian juga dapat mengetahui kinerja bisnis terhadap pelanggan kalian.

4. Membantu Menerapkan Ide Baru

Untuk menjadikan usaha kalian makin naik kelas, kalian harus mampu untuk menerapkan ide ide yang bisa membantu bisnis kalian, dan bisnis yang unik akan menjadikan pelanggan lebih tertarik, dan ide ide itu bisa kalian dapatkan dengan adanya laporan penjualan yang baik dan akurat. 

Karena dengan laporan penjualan yang baik, kalian dapat mengetahui apa saja yang harus kalian lakukan berikutnya, termasuk menerapkan ide ide baru yang cemerlang ke bisnis kalian. Jadi pastikan laporan penjualan kalian akurat ya, supaya kalian bisa dapat ide ide yang cemerlang!

5. Membantu Memantau dan Memberikan Semangat kepada Tim Penjualan

Dalam sebuah bisnis ada yang namanya tim penjualan, nah laporan penjualan ini biasanya berisi data atau informasi penjualan yang telah dilakukan oleh tim penjualan tersebut. Dengan adanya laporan ini kalian dapat mengetahui kinerja mereka, sehingga kalian bisa terus memotivasi tim penjualan kalian, agar lebih semangat dalam melakukan penjualan.

Dan dari sini kita tahu bahwa perlu adanya kerja sama dari setiap tim atau anggotan dalam sebuah bisnis, karena untuk memajukan bisnis perlu adanya kekompakan, konsistensi dan semangat yang tinggi agar bisa terus berkembang.

Kesimpulan

Dari artikel di atas dapat kita simpulkan bahwa, Laporan Penjualan penting sekali untuk membantu bisnismu supaya makin maju dan berkembang.

Nah untungnya ada KasirPro yang bisa membantu kalian sama yang namanya Laporan Penjualan. Jadi KasirPro adalah aplikasi layanan kasir digital yang bakalan bantu kalian sama yang namanya, perkasiranpencatatan atau pembukuan, dan laporan penjualan.

Jadi buruan Download, gratis lho!

So, sampai di sini dulu artikel kali ini, terimakasih buat kalian yang udah baca sampai selesai, jangan lupa untuk lihat dan baca artikel artikel kami lainnya. Share juga postingan atau artikel ini supaya makin bermanfaat untuk orang lain.

Bersama KasirPro Ayo Jadi Lebih Pro!

Komentar