Pentingnya prospek Pelangan dan Cara Mencari serta Mengelolanya


Dalam dunia bisnis ada nih yang namanya prospek, udah pada tahu belum apa itu prospek? Jadi di artikel ini kita akan bahas apa itu prospek, cara mencarinya, dan juga cara mengelolanya. Jadi pastikan kalian baca sampai tuntas ya! supaya kalian nggak ketinggalan informasi penting ini yang nantinya bisa bantu kalian untuk berbisnis, oke?

Pengertian

Jadi pengertian prospek menurut KBBI adalah kemungkinan atau harapan, namun prospek ini bisa diartikan secara luas. Sebagai contoh, dalam dunia kerja, yang dimaksud prospek adalah sebuah peluang kerja yang ada.

Dikutip dar prospeku.com, dalam dunia bisnis, prospek di sini dapat diartikan sebagai seorang yang berpotensi menjadi pembeli dari barang atau jasa bagi suatu bisnis, jadi dapat kita simpulkan prospek adalan calon pelanggan kita, sehingga prospek usaha merupakan sebuah gambaran dari keberlangsungan usaha di masa yang akan datang.

Sedangkan, prospek penjualan bisa disimpulkan merupakan langkah pertama dalam melakukan kegiatan penjualan. Ketika kita telah menemukan bahwa orang tersebut memenuhi kriteria, maka bisa kita bilang mereka adalah calon pelanggan.

Di sini  pentingnya prospek pelanggan adalah, nantinya calon pelanggan itu bisa masuk ke tahap berikutnya dari proses penjualan. Di artikel ini kita akan membahas tentang prospek yang berada di lingkup penjualan ya!


Cara Mencari Prosek

Lantas bagaimana cara untuk mencari prospek ini? jadi dikutip dari finance.detik.com, yang dilansir dari laman Forbes, ada beberapa cara untuk menemukan potensial prospek:
  1. Lebih fokus pada kualitas prospeknya daripada kuantitas
  2. Cari tahu atau selidiki prospek sebelum kalian bertemu dengan mereka
  3. Periska dan identifikasi juga prospeknya
  4. Jangan lupa untuk pahami juga kebutuhan prospek
  5. Melihat kesesuaian untuk memisahkan para prospek emas
  6. Mengidetifikasi juga tujuan prospek
  7. Jangan jupa untuk menjalin hubungan dengan para prospek
  8. Dengarkan juga apa yang dibutuhkan dan yang diinginkan oleh prospek
Dan masih ada banyak caranya yang bisa kalian lihat langsung di lamannya finance.detik.com


Cara Mengelola Prospek

Nah setelah kita mengetahui pengertian dari prospek itu sendiri, dan cara mencarinya, selanjutnya kita akan belajar, bagaimana caranya untuk mengelola prospek itu, jadi dikutip dari finance.detik.com, yang di mana dilansir dari situs walnut.io, ada beberapa cara untuk mengelola prospek supaya menjadi pelanggan:

1. Pahami Prospek Target

Untuk mengelola prospek agar menjadi pelanggan maka, pahami terlebih dahulu prospekmu. Ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan, seperti :

- Kalian bisa meluangkan waktu atau mengerjakan tim khusus untuk membantu kalian dalam mendapatkan penemuan prospek dengan baik dan benar
- Dan di internet, kalian bisa dengan menggunakan Linkedin, google, dan yang lain
- Selain itu carilah juga blog atau sesuatu publikasi yang ditulis oleh prospek

Ini merupakan langkah awal atau pertama untuk menuju kualifikasi prospek menjadi pelanggan, sehingga nantinya kalian bisa mendapatkan panggilan atau paham apa yang sebenarnya yang prospek inginkan.

2. Jangan Lupa Optimalkan Juga Hasil Penemuan Penjualan

Hal yang bisa kalian lakukan selanjutnya adalah kalian bisa memindahkan prospek ke corong pemasaran ( saluran yang mengarahkan orang untuk ke tahap pembelian, yang di mana nantinya orang tersebut dapat menjadi pelanggan kita ).

Di sini kalian harus strategis ya! karena tujuan kalian adalah untuk membangun hubungan serta menemukan apa kebutuhan dan tujuan klien, jangan lupa juga kalian juga perlu mencari tahu sebanyak mungkin tentang lingkungan operasional pesaing.

3. Sediakan Layanan Frequently Asked Questions (FAQ)

Kenapa perlu untuk menyediakan FAQ ini? karena banyak calon pembeli menggunakan google, untuk mencari tahu sesuatu sebelum mereka melakukan pembelian.

Maka di sini FAQ bisa kalian sediakan untuk membantu calon pembeli untuk menemukan informasi yang mereka cari, cukup kalian kumpulkan saja pertanyaan pertanyaan yang paling populer atau umum terkait dengan produk atau layanan.

4. Mengatasi Keberatan Calon Pelanggan

Poin ini menjadi bagian yang penting dalam penjualan, yang di mana hal ini mungkin sama dengan menangani keberatan, serta biasanya keberatan calon pelanggan yang umum adalah :

- Terlalu mahal
- Membutuhkan fitur fitur yang berbeda

5. Meningkatkan Promosi

Selanjutnya cara untuk mengelola prospek agar menjadi pelanggan, adalah salah satunya dengan terus menyempurnakan promosi, lakukan secara rutin.

Kenapa harus rutin? karena semakin banyak informasi yang dipublikasikan, maka akan banyak pula informasi tentang produkmu yang dapat di dapatkan oleh prospek.

Jadi jangan malas malas untuk promosi ya!

6. Jangan Lupa Follow Up Prospek

Follow up penting karena sebagai tahapan untuk menyelesikan penjualan, follow up mereka dengan mengirim email atau telepon, yang di mana tujuannya adalah untuk menindaklanjuti secara cepat, dalam mengkonversi lebih banyak prospek.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam follow-up :

- Berterimakasihlah kepada pelanggan atas waktunya
- Sebutkan juga berbagai takeaways dan manfaat utama yang ditawarkan
- Berikanlah mereka ajakan/penawaran penjualan yang jelas.

7. Tetapkan Juga Tenggat Waktu

Berilah tenggat waktu,karena dengan tenggat waktu akan menerapkan tekanan ringan pada proses pengamblian keputusan.

Bisa kalian berikan tenggat waktu, mungkin 30 hari bisa menjadi saat yang pas atau tepat untuk memberi tahu prospek, Bahwa kalian tidak akan lagi untuk menindaklanjuti penawaran yang sudah ditawarkan.

Kesimpulan

Dan itu tadi adalah Pentingnya prospek Pelangan dan Cara Mencari serta Mengelolanya,  Yang penting ketika kalian berbisnis adalah kalian mampu mengelola bisnis kalian dengan baik dan benar, dan salah satu caranya adalah kalian bisa mencoba platform atau aplikasi yang bisa membantu kalian untuk mengatur bisnis kalian. Salah satunya KasirPro.

Jadi KasirPro adalah aplikasi layanan kasir digital yang bakalan bantu kalian sama yang namanya, perkasiranpencatatan atau pembukuan, dan laporan penjualan.

So, sampai di sini dulu artikel kali ini, terimakasih buat kalian yang udah baca sampai selesai, jangan lupa untuk lihat dan baca artikel artikel kami lainnya. Share juga postingan atau artikel ini supaya makin bermanfaat untuk orang lain.

Bersama KasirPro Ayo Jadi Lebih Pro!


Komentar