Strategi dan Pentingnya Grand Opening Usaha



Hmm, sobat PRO udah pernah belum nih denger sama yang namanya Grand Opening? Jadi gini, kan ada nih, ketika seorang pebisnis membuka usaha, mereka akan mengumumkan usaha atau bisnisnya itu, nah biasanya ada yang skalanya kecil, sedang, dan besar. Nah Grand Opening ini termasuk ke dalam skala yang besar sob!

Nah di artikel ini kita bakalan bahas Strategi dan Pentingnya Grand Opening, jadi pastikan kalian baca sampai selesai ya sob, supaya kalian nggak ketinggalan informasi informasi menarik di artikel yang satu ini.

Pengertian

Nah jadi dikutip dari finance.detik.com, secara harfiah, Grand Opening memiliki arti berupa pembukaan besar atau Pembukaan Akbar. Grand Opening di sini merujuk kepada publikasi atau pemberitahuan kepada publik tentang adanya bisnis atau usaha yang baru, yang di mana, produk atau layanan dari bisnis atau usaha tersebut bisa dinikmati oleh khalayak.


Pentingnya Apa Sih Grand Opening itu?

Jadi di kutip dari finance.detik.com, dilansir dari smallbusiness.chron.com, ada beberapa hal yang menjadikan Grand Opening ini penting bagi pebisnis, yaitu :

1. Menggaet Pelanggan Baru

Nah, karena bisnis nya masih baru dan sadar bahwa harus mendapatkan pelanggan yang banyak, jadi Grand Opening ini bisa dijadikan para pebisnis untuk mengenalkan bisnis, produk atau layanan mereka, yang dengan itu mereka bisa memiliki peluang untuk bisa mendapatkan pelanggan baru.

Biasanya para pebisnis akan menawarkan pelanggan untuk mencoba produk mereka dan memberikan diskon spesial pembukaan.

2. Menarik Perhatian Media

Bukan hanya menarik pelanggan saja, namun Grand Opening ini bisa dijadikan para pemilik bisnis baru untuk menarik perhatian media massa. Kenapa media massa?

Karena dengan adanya media massa yang meliputi Grand Opening tersebut, maka akan membantu untuk memperkenalkan bisnis atau produknya dengan ramai sekaligus. Grand Opening yang heboh diharapkan bisa menarik perhatian media massa, sehingga agenda Grand Opening akan diketahui semakin banyak orang.

Biasanya hal atau cara yang dilakukan dalam Grand Opening yang akan diliput oleh media massa, adalah dengan penguntingan pita atau aksi simbolis lain sebagai peresmian.

3. Menciptakan Gaung Sehingga Dibicarakan Oleh Banyak Orang

Grand Opening berguna menciptakan dengung di tengah khalayak, yang dengan itu akan semakin banyak orang yang membicarakan bisnis baru tersebut, dan nantinya akan semakin banyak pula orang yang mengetahui keberadaan bisnis tersebut di tengan persaingan pasar.

Menurut Bennet, tolok ukur kesuksesan Grand Opening adalah seberapa banyak orang yang membicarakan pembukaan bisnis baru tersebut.

4. Menunjukkan Inisiatif dan Niat Baik Kepada Bisnis yang Lain

Nah ketika bisnis baru ini memasuki pasar, maka akan bertemu dengan para pebisnis yang sudah lama di pasar tersebut. Grand Opening ini bisa menjadi semacam gestur "permisi" atau pengumuman, bahwa bisnis yang baru ini akan ikut bersaing juga.

Namun, bukan berarti mengajak para pebisnis lain untuk bersaing secara terang - terangan ya sob, dengan adanya Grand Opening, nantinya bisa menjadi undangan bagi para pebisnis lain untuk berkolaborasi.

Strategi Grand Openingnya Apa?

Jadi dikutip dari finance.detik.com, dilansir dari managementhelp.org dan localiq.com, ada beberapa strategi yang dapat dilakukan seperti :

1. Memasang Tenda di Depan Lokasi

Nah kalian bisa nih dengan cara yang pertama ini, yaitu dengan memasang tenda di depan lokasi bisnis atau usaha kalian. Kalian bisa memberikan tulisan "segera hadir" atau "cooming soon" untuk menunjukkan atau menginformasikan kepada khalayak, bahwa akan ada bisnis baru di tempat tersebut dalam waktu dekat.

Kalian bisa juga mencamtumkan alamat website bisnis baru kalian atau QR Code, agar nantinya khalayak dapat mencari tahu informasi selengkapnya, tentang bisnis baru kalian.

2. Jangkau Target Pasar Melalui Internet

Kalian juga bisa nih, memasang iklan di internet agar bisa menjangkau target pasar lebih luas, kalian juga bisa menambahkan juga agenda dan keuntungan yang akan didapatkan pelanggan baru di Grand Opening itu, dan jangan lupa ya untuk mencantumkan kapan Grand Opening itu akan dilaksanakan.

3. Tarik Perhatian Audiens Melalui Medsos

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa, dengan adanya Media Sosial ini akan menjadikan kita lebih mudah dalam menyebarkan informasi. Kalian bisa melakukan beberapa hal nih, mulai dari membagikan postingan yang berisi informasi tentang Grand Opening tersebut.

Mulai dari tanggal pelaksanaan, kelebihan dan keuntungan yang didapatkan di Grand Opening tersebut, agenda, produk/layanan dan lain lain. Kalian juga bisa nih berinteraksi dengan pengguna medsos yang lain, kalian juga bisa meminta audiens untuk membagikan akun medsos bisnis baru kalian ke orang lain.

4. Dari Mulut ke Mulut

Misal nih kalian akan membuka bisnis baru kalian, yang di mana bisnis itu masih bisnis kecil atau mikro dan target pasarnya di sekitar tempat tinggal kalian saja, kalian bisa mengadakan Grand Opening sederhana, yang di mana kalian bisa mengumumkannya dari mulut ke mulut, mungkin lewat teman, sahabat, keluarga, tetangga atau rekan komunitas yang kalian kenal, dan lain - lain.

5. Kalian Sediakan Juga Sampel Gratis

Kalian bisa nih meyediakan sampel gratis dari produk atau layanan kalian, yang di mana nantinya agar audiens dapat mencobanya, nantinya ketika audiens merasa puas dan senang dengan produk/layanan kalian, maka mereka cenderung akan melakukan pembelian di kemudian hari.

6. Undanglah Tamu atau Pembicara yang Spesial

Biasanya seseorang akan tertarik datang ke suatu acara ketika ada orang atau sosok yang mereka kenal dalam event atau acara tersebut. Pastinya tamu atau pembicara tersebut harus relevan dengan bisnis yang kalian buka, misal nih kalian akan membuka bisnis makanan, maka kalian bisa mengundang pembicara seperti ahli makanan.

7. Libatkan Juga Audiens dalam Workshop

Nah ini bisa jadi strategi yang ampuh nih sob, kalian bisa melibatkan audiens kalian dengan kalian mengadakan workshop, misal kalian akan membuat bisnis es krim, kalian bisa membuka workshop yang di dalamnya, kalian bisa mengajak atau melibatkan audiens, semisal praktek membuat es krim ala bisnis kalian. Tapi jangan sampai kalian memberitahu semua resep rahasia kalian ya!

8. Jalin Kerja Sama dengan Bisnis yang Terkait

Karena sekarang ini merupakan zamannya kolaborasi, maka kalian bisa kolaborasi dengan bisnis bisnis terkait nih di Grand Opening kalian. Misal kalian membuka usaha kuliner, maka kalian bisa berkolaborasi dengan para pebisnis yang bergerak di bidang alat masak. sehingga nantinya audiens kalian akan tertarik di Grand Openig kalian.

9. Masukkan Juga Kampanye Sosial

Nah, dalam berbisnis kan kita juga nggak semata - semata nih untuk hanya mendapatkan keuntungan finansial. Tapi kita juga memberikan dampak yang positif bagi kehidupan sosial. Oleh karena itu manfaatkanlah Grand Opening ini untuk menyampaikan isu sosial yang menjadi perhatian bisnis kalian. 

Misal kalian membuka usaha atau bisnis makanan sehat, maka kalian bisa memasukkan atau memberikan value kesehatan di dalam Grand Opening kalian. atau hal hal yang lain yang bisa memberikan dampak yang baik bagi kehidupan sosial.

10. Lakukan Countdown

Hal ini dilakukan untuk menciptakan kesan tegang menunggu waktu dilaksanakannya Grand Opening, selain itu countdown juga bisa berfungsi untuk mengingatkan audiens tentang kapan bisnis kalian akan dibuka secara resmi.


Kesimpulan

Dan itu tadi adalah Strategi dan Pentingnya Grand Opening Usaha,  Langsung dicoba ya sob!

Yang penting ketika kalian berbisnis adalah kalian mampu mengelola bisnis kalian dengan baik dan benar, dan salah satu caranya adalah kalian bisa mencoba platform atau aplikasi yang bisa membantu kalian untuk mengatur bisnis kalian. Salah satunya KasirPro.

Jadi KasirPro adalah aplikasi layanan kasir digital yang bakalan bantu kalian sama yang namanya, perkasiranpencatatan atau pembukuan, dan laporan penjualan.

So, sampai di sini dulu artikel kali ini, terimakasih buat kalian yang udah baca sampai selesai, jangan lupa untuk lihat dan baca artikel artikel kami lainnya. Share juga postingan atau artikel ini supaya makin bermanfaat untuk orang lain.

Bersama KasirPro Ayo Jadi Lebih Pro!

Komentar