Tips Belanja Hemat Agar Uang Tidak Cepat Habis

 

Kita sebagai manusian pastinya membutuhkan berbagai macam kebutuhan dalam kehidupan sehari - hari, mulai dari makanan, minuman, pakaian, perlengkapan sekolah, perlengkapan kerja, dan lain lain. Belum lagi ketika ada barang yang kita inginkan untuk dibeli.

Oleh karena itu, kita harus pandai pandai dalam menghemat uang kita, agar uang kita tidak cepat habis. Apalagi untuk membeli barang barang yang terkadang kita tidak membutuhkannya. Nah di artikel kali ini kita akan bahas tentang Tips Belanja Hemat Agar Uang Tidak Cepat Habis

Tips Belanja Hemat

Untuk berbelanja hemat ada beberapa tips yang bisa Sobat PRO lakukan, dilansir dari finance.detik.com, ada beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk bisa hemat dalam belanja, yaitu :

1. Jangan Berbelanja Saat Perut Kosong

Menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Minnesota Carlson School of Management menyatakan, mereka yang tidak mengisi perut terlebih dahulu ketika akan berbelanja, mengambil produk lebih banyak 70% dibandingkan dengan mereka yang mengisi perut terlebih dahulu.

2. Pandai Pandai Memilih Swalayan dengan Harga Relatif Lebih Murah

Terkadang ketika kita ingin berbelanja, ada rasa gengsi saat ingin berbelanja di tempat yang murah. Namun tidak ada salahnya dan tidak perlu malu untuk berbelanja di tempat yang relatif murah.

Setiap swalayan memiliki kelas/pasar pembeliannya sendiri, jadi kalian harus pandai pandai dalam memilih swalayan.

3. Perhitungkan Harga Produk dengan Teliti

Terkadang ketika kita ingin membeli suatu barang, kita dihadapkan dengan berbagai jenis ukuran barang, ada yang kemasannya besar dan kemasan yang kecil kecil.

Kalian bisa menggunakan kalkulator yang ada di hp kalian ketika kalian berbelanja, karena terkadang kemasan besar harganya lebih mahal dibandingkan dengan dua kemasan kecil, yang di mana kemasan kecil kecil ini ketika dijumlah, isinya sama banyaknya dengan satu kemasan yang besar.

Jadi pastikan kalian teliti ya sob sebelum berbelanja!

4. Perhatikan Produk Produk yang Sedang ada Promo

Biasanya di bagian depan pintu masuk di swalayan ada brosur yang berisi tentang promo dan diskon produk produk yang dijual. Nah, di sini kalian bisa memanfaatkan promo/diskon tersebut, namun belilah sesuai dengan apa yang kalian butuhkan. Jangan beli semua barang yang sedang promo dan sebagian tidak kalian butuhkan, yang di mana nantinya malah menjadikan kalian boros.

5. Produk yang Lebih Murah Belum Tentu Lebih Hemat.

Nah contohnya adalah ketika kalian beralih ke sabun cuci piring yang lebih murah, dengan berfikir bahwa akan lebih hemat. Namun ternyata produk itu justru tidak menghasilkan banyak busa yang bisa digunakan untuk mencuci piring.

Sehingga tanpa disadari menggunakan jumalah yang lebih banyak dalam sekali pakai dariapada produk yang harganya lebih mahal.

6. Belilah Bahan-Bahan Segar di Pasar

Keluarga kalian sering makan di rumah? dan kalian butuh sayuran dan bahan - bahan masak yang masih segar untuk di masak? Kalian bisa membeli bahan - bahan itu di pasar tradisional.

Terkadang bahan segar yang disimpan di dalam kulkas, cenderung berpotensi untuk dilupakan dan pada akhirnya terbuang atau kualitasnya menjadi menurun. Kalian bisa membeli bahan bahan segar tersebut di pasar tradisional tersebut setiap harinya, agar tidak boros, selain itu bahan bahan yang ada di pasar tradisional relatif lebih murah dibandingkan dengan yang ada di swalayan.

7. Buat Daftar Belanja

Daftar Belanja akan membantu anda untuk bisa fokus terhadap barang yang dibutuhkan dan menghindari terlupanya produk yang sudah habis di rumah. Dan ini akan membantu anda untuk hemat waktu di swalayan, sehingga akan semakin kecil pula potensi kalian tergoda untuk membeli barang yang tidak dibutuhkan.

8. Bawa Uang yang Pas

Kenapa bawa uang pas? Karena ketika kita berbelanja di swalayan, biasanya akan ada banyak jajanan jajanan di luarnya, sehingga ketika kita membawa uang pas akan menghindarkan kita untuk jajan, sehingga lebih hemat.

Oleh karena itu jika kalian tidak menggunakan kartu debit/kredit, gunakanlah uang yang pas. Karena jajanan inilah yang terkadang menjadi bocor halus ( pengeluaran yang tidak kita sadari menjadi penyebab keuangan bulanan habis begitu saja ).

Kesimpulan

Memang ketika berbelanja kita harus memperhitungkannya dengan baik, agar tidak mudah boros. Selain itu untuk kalian para pebisnis yang suka berbelanja untuk kebutuhan bisnis kalian, kalian harus mampu mengatur keuangan dengan baik, agar tidak mudah boros juga.

Dan salah satu caranya kalian harus mengatur pembukuan di bisnis kalian dengan baik, sehingga bisa kalian jadikan pertimbangan dalam belanja, oleh karena itu kalian bisa mengandalkan KasirPro.

Jadi KasirPro adalah aplikasi layanan kasir digital yang bakalan bantu kalian sama yang namanya, perkasiranpencatatan atau pembukuan, dan laporan penjualan.

So, sampai di sini dulu artikel kali ini, terimakasih buat kalian yang udah baca sampai selesai, jangan lupa untuk lihat dan baca artikel artikel kami lainnya. Share juga postingan atau artikel ini supaya makin bermanfaat untuk orang lain.

Bersama KasirPro Ayo Jadi Lebih Pro!

Komentar