Tips Buka Usaha Laundry Bagi Pemula!

Kesibukan orang zaman sekarang bermacam - macam, mulai dari karyawan kantoran yang bekerja berangkat pagi pulang sore, ibu rumah tangga yang sibuk mengurus anak anaknya, anak kuliahan yang sibuk dengan kuliahnya, dan masih banyak lagi.

Dengan banyak dan beragamnya kesibukan yang orang orang sekarang lakukan, menjadikan kita dapat mengambil peluang berupa bisnis laundry. Kenapa bisa? karena dengan sibuknya orang orang sekarang ini, banyak yang tidak sempat untuk mencuci pakaian mereka.

Dan mereka biasanya menggunakan jasa laundry, oleh karena itu tidak ada salahnya kita mencoba usaha yang satu ini. Dan di artikel ini kita bakalan belajar Tips Buka Usaha Laundry Bagi Pemula! 

Jadi pastikan kalian baca sampai selesai ya sob!

Tips Usaha Laundry Bagi Pemula

Nah, ada beberapa tips yang bisa kalian coba ketika kalian mau buka usaha laundry, dikutip dari umkm.kompas.com ada beberapa tips yaitu :

1. Tentukan Lokasi yang Strategis

Hal pertama yang harus kita lakukan ketika akan membuka usaha laundry, yaitu kita harus menentukan lokasi usaha kita. Karena dengan lokasi yang tepat / strategis kita ,akan semakin mudah untuk menjalankan usaha kita.

Misal kalian buka usaha di dekat perkantoran, kos kosan, dekat kampus, atau bahkan juga di pemukiman yang padat akan penduduk, namun pastikan di tempat tersebut juga tidak terlalu banyak pesaing atau kompetitor ya sob!


2. Pasang Harga yang Sesuai

Harga menjadi salah satu faktor yang penting dalam membuka usaha laundry ini, karena harga menjadi salah satu hal yang dipertimbangkan pelanggan sebelum menggunakan jasa laundry kita. Oleh karena itu, sebagai pebisnis laundry pemula, jangan memberi harga terlalu mahal dan terlalu murah.

Karena ketika kita memberikan harga yang terlalu mahal akan menjadikan pelanggan merasa enggan untuk menggunakan jasa kita, yang pada akhirnya bisnis kita menjadi sepi. Dan juga ketika kita memberikan harga yang terlalu rendah akan menjadikan kita sebagai pebisnis rugi, dan akan menimpulkan opini negatif dari pelanggan.

Jadi kalian bisa melakukan riset terlebih dahulu, harga yang beredar di daerah kalian berapa? kompetitor yang ada memasang harga berapa dan bagaimana? dan lain lain. Sehingga kalian bisa memasang harga yang pas!


3. Pahami Cara Mencuci yang Baik

Mungkin mencuci pakaian menjadi hal yang terdengar sepele, namun kita tidak boleh sembarangan dalam mencuci pakaian. Karena bahan pakaian dari pelanggan tidak selalu sama, akan bebeda beda.

Pelajari bagaimana cara mencuci pakaian seperti jeans, sweater, hodie, dan lain lain, selain itu jangan campurkan pakaian putih dengan yang berwarna, agar nantinya bsia terhindar dari risiko luntur. Dan masih ada banyak lagi hal yang harus dipelajari bagi pebisnis laundry pemula!


4. Berikan Pelayanan yang Terbaik

Hal inilah yang bisa kalian manfaatkan untuk stand out/menonjol dari kompetitor lain, pastikan kalian bisa memberikan pelayanan yang terbaik, mulai dari sikap kita yang ramah, pelayanan cepat dan tepat waktu, serta pastikan kalian menghindari kesalahan sekecil apapun, agar pelanggan kalian tidak kecewa.

Kalian juga bisa memberikan berbagai macam penawaran berupa promo akhir tahun, promo kemerdekaan, dan lain lain. Atau kalian juga bisa menjadikan usaha kalian berbeda dengan kompetitor yang lain, misal kalian membuka usaha lebih awal, sehingga orang yang berktifitas di awal pagi bisa menyempatkan diri mereka untuk ke laundry.


5. Berikan Inovasi pada Usaha Kalian

Nah di sinilah yang terkadang menjadikan pelanggan merasa tertarik untuk menggunakan jasa laundry kalian, pasalnya ketika ada hal menarik di tempat usaha kita yang menguntungkan pelanggan, maka pelanggan akan cenderung suka yang senang dengan usaha kita.

Kalian bisa memberikan penawaran atau layanan antar jemput, pengemasan yang unik dan mengesankan, promo promo yang menggiurkan dan lain lain.


6. Perhatikan Biaya Operasional dan Karyawan

Untuk tips ke-6 ini juga tidak bisa kita sepelakan sob! Karena walaupun bisnis ini terbilang bisnis yang tidak begitu besar, tapi kita juga harus memperhatikan biaya operasionalnya. Mulai dari biaya penggunaan mesin, listrik, biaya detergen, air dan lain lain.

Kalian juga harus memperhatikan karyawan kalian ( jika ada karyawan ), mulai dari kinerjanya, dan aspek aspek yang lain. Pastikan kalian mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan yang ada, sehingga kalian bisa membuat strategi untuk bisa mengembangkan bisnis kalian.

Nah, untungnya ada KasirPro yang bisa membantu kalian untuk mengatur bisnis/usaha kalian, mulai dari perkasiran, pencatatan/pembukuan, dan laporan penjualan. Sehingga kalian bisa hemat waktu dan tenaga.


7. Promosikan Bisnis Kalian

Oh ya Sob! Hal penting satu ini jangan sampai kalian lewatkan, karena dengan promosi yang baik, akan lebih mudah bagi kalian untuk mendapatkan banyak pelanggan. Kalian bisa melakukan promosi dengan memasang spanduk, atau bahkan juga dari mulut ke mulut.

Namun di era digital saat ini, kalian bisa memanfaatkan medsos untuk mempromosikan usaha kalian, kalian bisa menggunakan Instagram, WhatsApp, Facebook, atau medsos yang lain untuk memperkenalkan dan menyebar luaskan usaha kalian.

Sehingga kalian nantinya bisa mendapatkan peluang untuk meraih omset yang banyak!


Kesimpulan

Dan itu tadi adalah Tips Buka Usaha Laundry Bagi Pemula!,  gimana nih sob? langsung dipraktekin ya! Oh ya, yang penting ketika kalian berbisnis adalah kalian mampu mengelola bisnis kalian dengan baik dan benar.

Selain itu kalian  juga harus konsisten dalam menjalankan bisnis kalian, agar nantinya bisnis kalian bisa terus berkembang dan sukses.

So, sampai di sini dulu artikel kali ini, terimakasih buat kalian yang udah baca sampai selesai, jangan lupa untuk lihat dan baca artikel artikel kami lainnya. Share juga postingan atau artikel ini supaya makin bermanfaat untuk orang lain.

Bersama KasirPro Ayo Jadi Lebih Pro!


Komentar