Tips Foto Produk Agar Menarik Pelanggan


Jualan Online tidak melulu tentang melakukan atau mengoperasikannya dengan baik, namun kita juga harus memperhatikan promosi yang kita lakukan. Oleh karena itu menggunakan Foto Produk yang baik, menjadi hal yang tidak bisa disepelekan.

Kenapa? Karena dengan foto yang baik dan bagus, akan menjadikan pelanggan kita lebih tertarik untuk membeli produk kita. Selain itu foto produk ini ini juga bisa menjadi ciri khas dari bisnis kita.

Kita sering melihat foto foto produk di berbagai macam platform online, mulai dari toko online seperti Tokopedia, Shopee, dan lain lain. Bahkan kita juga pernah menemukan foto produk di instagram, WhatsApp, Facebook, dan lain lain.

Sehingga dengan adanya foto produk yang menarik, akan menjadikan kita semakin mudah untuk menarik pelanggan atau calon pembeli kita untuk membeli produk yang kita jual. Dan di artikel ini kita akan bahas apa saja Tips Foto Produk Agar Menarik Pelanggan.

Pengertian Foto Produk

Dilansir dari finance.detik.com, Foto Produk ialah semua gambar dari produk yang kita jual, atau biasa disebut juga dengan foto komersial. Yang di mana digunakan untuk menarik pelanggan atau calon pembeli untuk membeli produk kita.

Tips Foto Produk

Dilansir dari finance.detik.com, dilansir dari Jurnal Prodimas Volume 1 2021 IAIN Ponorogo, Jurnal e-Proceeding of Art and Design Vol 9 no 2 April 2022 Universitas Telkom dan oberlo.com, ada 10 tips memotret agar dapat terlihat lebih menarik. Dan tips tips itu yaitu :

1. Gunakan Kamera yang Berkualitas

Menurut Garnis Olivia Arcikasari dan Maulida Nurhidayati, dalam Jurnal Prodimas IAIN Ponorogo, untuk menghasilkan foto - foto produk yang berkualitas, maka salah satu tipsnya adalah menggunakan kamera yang berkalitas. Kamera ini bisa menggunakan kamera smartphone maupun kamera profesional.

Selain itu keahlian fotografer dalam memotret produk juga harus diperhatikan, karena sebagus apapun kameranya, jika memotretnya asal asalan, maka hasilnya tidak akan maksimal. Oleh karena itu penting bagi fotografer untuk bisa mengoperasikan kameranya dengan baik, agar menghasilkan foto yang baik pula.

2. Mengatur Background

Hal yang berhubungan dengan pemotretan produk, salah satunya adalah background produk. Kalian bisa menggunakan background putih untuk bisa menonjolkan produk kalian, atau juga bisa menggunakan background dengan warna lain.

Selain itu kalian juga bisa menggunakan background berupa kayu, rumput, kain yang bermotif, dan masih banyak lagi. Di sini kalian bisa berkreasi sekreatif kalian.

3. Buat Efek Bokeh

Agar produk bisa terlihat lebih detail dan jelas, kalian bisa menggunakan efek bokeh saat memotret produk. Yaitu berupa backgroundnya terlihat blur dan foto produknya terlihat jelas dan detail.

Nah, ketika produk kalian berupa benda yang kecil, seperti perhiasan, kalian bisa menggunakan lensa makro atau pengaturan makro, agar detail dari produk tersebut telihat lebih jelas.

4. Menggunakan 3 Teknik Fotografi

Menurut Vanessa Ayu Putri, Didit Endriawan, dan Sigit Kusumanugraha dalam jurnal e-Proceeding Universitas Telkom, ada 3 teknik fotografi yang bisa digunakan saat memotret produk.

  • Flat Lay Photography ( Memotret dari atas objek dengan sudut 90 derajat menghadap ke bawah, nantinya objek secara natural terlihat utuh )
  • Hero Shot ( Memotret dengan sudut 90 derajat menghadap ke depan, seperti memotret pakaian yang dikenakan oleh orang, sehingga terlihat fungsi kegunaannya )
  • Detailed Shot ( Objek dipotret lebih dekat dan detail sehingga terlihat tekstur dari produk )

5. Beri Gambar di Setiap Varian Produk

Setiap varian dari produk kalian, harus kalian lengkapi juga dengan foto dari masing masing variannya. Bahkan akan lebih baik lagi ketika kalian juga memberikan foto dari produk dan varian variannya, dengan sudut pengambilan foto yang berbeda beda.

6. Pilih Pencahayaan Natural atau Buatan

Salah satu faktor utama dari fotografi adalah pencahayaan, oleh karena itu kalian bisa menentukan ingin menggunakan pencahayaan natural atau buatan, dan ingat ya sob, jangan kalian gunakan dua jenis pencahayaan ini dalam waktu yang sama.

Tentukan juga foto produk kalian, membutuhkan pencahayaan yang lembut ( soft light ) atau keras ( hard light ). Di sini, ketika kalian ingin menggunakan pencahayaan buatan, namun ingin dengan cahaya yang lembut, kalian bisa menggunakan Flash Diffuser.

7. Gunakanlah Psikologi Warna

Psikologi Warna ini menjadi hal yang penting juga lho sob! Pastikan kalian memilih warna pendukung untuk foto produk kalian yang sesuai dengan alasan psikologis, misal kalian ingin menampilkan efek mewah, kalian bisa menggunakan warna emas atau silver, dan lain sebagainya.

8. Penataan Produk yang Baik

Produk haruslah ditata/diatur sedemikian rupa sesuai dengan maksudnya, di tepi, di tengah, dan lain lain. Ketika ada beberapa produk, maka harus diatur juga jaraknya, apakah ditumpuk dan sebagainya.

Di sini penataan produk juga bisa digunakan untuk memperjelas ukuran dari produk, misal produk kalian adalah keyboard, maka kalian bisa meletakkannya di meja atau dekat dengan komputer, agar bisa terlihat seberapa besar ukuran dari keyboard tersebut.

9. Coba Pakai Gaya yang Berbeda

Gunakanlah gaya foto yang unik dan berbeda dengan kompetitor ya sob! Kalian bisa berkreasi untuk bisa menemukan gaya foto yang menarik.

Misal dengan memotretnya di atas kaca atau genangan air yang dapat menghasilkan efek pantulan atau bayangan dari produk, dan lain sebagainya.

10. Edit Setelah Memotret Produk

Oh ya sob, ketika proses memotret, hindari menggunakan filter pada kamera atau ponsel. Lebih baik, ditambahkan pada saat proses editing. Dalam proses editing, kalian bisa mengatur tingkat cahaya di titik tertentu, cropping, dan sebagainya.

Kesimpulan

Dan itu tadi adalah Tips Foto Produk Agar Menarik Pelanggan,  gimana nih sob? langsung dipraktekin ya! Oh ya, yang penting ketika kalian berbisnis apalagi berjualan online, kalian harus mampu mengelola bisnis kalian dengan baik dan benar.

Dan salah satu caranya adalah kalian bisa menggunakan platform atau aplikasi yang bisa membantu kalian untuk mengatur bisnis kalian. Salah satunya KasirPro.

Jadi KasirPro adalah aplikasi layanan kasir digital yang bakalan bantu kalian sama yang namanya, perkasiranpencatatan atau pembukuan, dan laporan penjualan.

So, sampai di sini dulu artikel kali ini, terimakasih buat kalian yang udah baca sampai selesai, jangan lupa untuk lihat dan baca artikel artikel kami lainnya. Share juga postingan atau artikel ini supaya makin bermanfaat untuk orang lain.

Bersama KasirPro Ayo Jadi Lebih Pro!



Komentar