Tips Jualan Online di Marketplace Supaya Mudah Cuan

Salah satu peluang yang menguntungkan bagi seorang yang ingin memulai usaha adalah menjual produknya di Online Marketplace. Dan inilah salah satu peluang emas yang bisa digunakan untuk menghasilkan banyak cuan!

Semakin pesatnya tekhnologi yang berkembang, semakin banyak pula perubahan yang terjadi di sekitar kita, mulai dari adanya Ojek Online, Online Marketplace, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, bagi kalian yang ingin membuka usaha, khususnya menjual produk - produk kalian, tidak ada salahnya untuk mencoba menjual produk kalian di Online Marketplace.

Di samping itu,dengan pesatnya persaingan yang ada, menjadikan kita harus pandai - pandai dalam membuat strategi dalam berjualan online di marketplace. Agar kita tidak akalah saing, dengan toko - toko yang sudah berjualan online lebih dahulu.

Di artikel ini kita akan bahas, apa saja tips yang bisa dilakukan oleh pebisnis yang ingin menjual produk mereka secara online, di marketplace. Jadi simak, sampai selesai ya sob!

Tips Berjualan Online

Nah ada beberapa tips yang bisa kalian lakukan ketika akan memulai berjualan online, dlansir dari inet.detik.com, ada beberapa tips yang bisa kita coba, yaitu :

1. Lakukanlah Riset dengan Baik


Hal pertama yang bisa dilakukan sebelum menjual produk kita secara online di marketplace adalah, kita harus melakukan riset terlebih dahulu. Kenapa? karena dengan riset yang kita lakukan nantinya, bisa membuat kita memiliki gambaran awal dan strategi untuk berjualan online.

Riset ini diantaranya, mempelajari target market kita, melihat dan mempelajari tren produk di pasar, membandingkan harga pasar, dan juga melihat peluang bisnis yang bisa kita gunakan agar kita sukses dalam berjualan.


2. Buatlah Judul dan Deskripsi Produk yang Jelas dan Menarik


Tips kedua yang tidak bisa dianggap sepele adalah memperhatikan judul dan deskripsi Produk. Kita harus pandai dalam memilih judul dan membuat deskripsi dengan sebaik mungkin. Hindari menggunakan karakter dan simbol yang membuat sulit dibaca atau sulit dicari di komom pencarian.

Kalian juga bisa menggunakan fitur - fitur yang sudah tersedia di aplikasi online marketplace, Salah satunya seperti Tokopedia, untuk mempermudah kalian dalam membuat judul produk kalian, agar mudah untuk dicari oleh pembeli.

3. Gunakan Foto dan Dekor Toko Semenarik Mungkin


Gunakan foto yang bagus, dengan salah satunya memperhatikan pencahayan dalam fotonya, dan untuk produknya bisa menggunakan background putih atau polos. Sedangkan tokonya, bisa kalian dekor dan atur dengan baik. Sehingga nantinya pelanggan atau pembeli bisa dengan mudah dalam mencari produk - produk yang merke inginkan di toko kalian.

Pastikan ketika produk kalian banyak, kalian mengelompokkannya sesuai dengan kategorinya ya sob! Sehingga pelanggan akan lebih mudah dalam menemukan produk yang mereka cari.


4. Tetapkan Harga yang Sesuai/Pantas


Untuk menjadikan pelanggan kita suka atau senang berbelanja di toko kita, adalah salah satunya dengan memberikan harga yang sesuai/pantas. Karena ketika kita memberikan harga yang terlalu tinggi akan menjadikan pelanggan merasa enggan untuk membeli produk kita, dan juga ketika terlalu rendah, akan menjadikan pelanggan terkadang ragu - ragu dengan kualitas produk kita.

Dan itulah kenapa pentingnya melakukan riset yang sudah disebutkan di awal tadi, yaitu dengan membandingkan harga yang ada di pasar.


5. Tetapkan Strategi Promosi yang Tepat


Dapat kita ambil contoh di salah satu online marketplace yang ada, yaitu Tokopedia. di Tokopedia ada fitur yang bisa digunakan oleh penjual untuk melakukan promosi, seperti TopAds, Broadcast Chat, Flash Sale, Cashback hingga Bebas Ongkir.

Di sini kalian bisa menggunakan fitur - fitur ini untuk melakukan promosi, dan bisanya setiap toko akan berbeda - beda dalam penggunaan fitur - fitur ini, ada yang lebih untung jika menggunakan TopAds, ada yang lebih untung ketika menggunakan fitur Flash Sale, dan lain - lain.

Kalian bisa mencobanya sendiri, selain itu kalian juga bisa mempromosikan toko kalian di medsos yang ada, seperti Facebook, Instagram, WhatsApp, dan lain - lain. Sehingga toko kalian akan semakin banyak dikenal oleh orang lain.


Kesimpulan

Dan itu tadi adalah Tips Jualan Online di Marketplace Supaya Mudah Cuan,  gimana nih sob? langsung dipraktekin ya! Oh ya, yang penting ketika kalian berbisnis adalah kalian mampu mengelola bisnis kalian dengan baik dan benar.

Dan salah satu caranya adalah kalian bisa mencoba platform atau aplikasi yang bisa membantu kalian untuk mengatur bisnis kalian. Salah satunya KasirPro.

Jadi KasirPro adalah aplikasi layanan kasir digital yang bakalan bantu kalian sama yang namanya, perkasiranpencatatan atau pembukuan, dan laporan penjualan.

So, sampai di sini dulu artikel kali ini, terimakasih buat kalian yang udah baca sampai selesai, jangan lupa untuk lihat dan baca artikel artikel kami lainnya. Share juga postingan atau artikel ini supaya makin bermanfaat untuk orang lain.

Bersama KasirPro Ayo Jadi Lebih Pro!

Komentar