Cara Buka Usaha Frozen Food Untuk Pemula!


Sudah tidak dapat dipungkiri lagi bahwa kebutuhan setiap orang beraneka ragam, mulai dari kebutuhan pakaian, mandi dan juga memasak. Dan frozen food menjadi salah satu kebutuhan bagi sebagian orang, apalagi bagi kalangan milenial. Karena terbilang praktis dan tidak ribet.

Selain itu, Dari segi bisnis, kita dapat mengambil kesempatan ini untuk membuka usaha frozen food, Selain banyak dibutuhkan, berbisnis frozen food ini juga memiliki kelebihan atau keuntungan sendiri, yaitu makanannya bisa disimpan di kulkas, sehingga makanan tidak mudah basi.

Pengertian Frozen Food

Dilansir dari tanihub.com, Frozen food adalah makanan yang dibekukan dengan tujuan agar makanan tersebut awet dan tahan lama hingga makanan itu siap santap. Dengan dibekukannya makanan ini membantu agar tidak mudah boros dengan yang namanya makanan karena tahan lama dan tidak mubadzir menjadi sampah.

Makanan yang dibekukan tersebut dapat menghambat dekomposisi ( pembusukan ), dengan cara mengubah sisa air yang ada di makanan tersebut menjadi es, sehingga makanannya awet. Selain itu juga bisa menghambat pertumbuhan dari sebagian besar spesies bakteri.

Cara Buka Usaha Frozen Food

Nah selanjutnya kita akan bahas tentang cara apa saja yang bisa dilakukan untuk membuka usaha frozen food ini, dilansir dari linkumkm.id, ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan, yaitu :

1. Tentukan Jenis Frozen Food yang Akan Dijual

Nah untuk tips pertama yang bisa kalian lakukan adalah kalian tentukan jenis frozen food apa yang ingin kalian jual. Agar nantinya kalian bisa fokus untuk mengembangkan bisnis kalian. Kalian bisa memilih berbagai macam jenis frozen food, mulai dari sosis, nugget, bakso, dimsum, dan lain - lain.

2. Pilih Produsen yang Terpercaya dan Berkualitas

Jangan sampai kalian salah memilih produsen ya sob, pilihlah produsen yang terpercaya dan berkualitas. Karena jika kalian pilih sembarangan, nantinya hanya akan merugikan kalian. Dengan memilih produsen yang berkualitas dan terpercaya, kalian memiliki peluang besar untuk bisa mendapatkan berbagai macam frozen food dengan brand yang terkenal, dan juga produsen terpercaya menyediakan frozen food dengan kualitas terbaik, yang di mana sudah tertera BPOM nya.

3. Cek Tanggal Kadaluwarsa dari Produknya

Walaupun frozen food ini bisa disimpan dalam jangka waktu yang lama, namun juga ada tanggal kadaluwarsanya. Jadi ketika kalian membeli di produsen, cek terlebih dahulu tanggal kadaluwarsanya. Pilihlah yang masih memiliki tanggal kadaluwarsa yang panjang.

Selain itu cek juga produk - produk kalian, apakah sudah mendekati tanggal kadaluwarsa atau belum. Jangan sampai pelanggan kalian nantinya kecewa karena mendapatkan makanan yang sudah kadaluwarsa.

4. Pastikan Kemasan Frozen Foodnya Baik

Selain kalian mengecek tanggal kadaluwarsanya, cek juga kemasan dari frozen food kalian. Jangan sampai pelanggan kalian mendapati kemasan yang sudah sobek atau rusak bahkan bolong. Karena jika kemasannya sudah sobek atau rusak, maka angin atau udara mudah masuk ke kemasannya, sehingga akan menjadikan produk kalian cepat basi.

Jadi ketika kalian membeli dari produsen, kalian cek terlebih dahulu kemasannya, jangan asal beli saja. Dan juga cek secara berkala produk yang kalian jual, apakah kemasannya masih aman dan baik.

5. Gunakan Jasa Pengiriman yang Berkualitas

Agar tidak mengecewakan pelanggan, kalian harus menggunakan jasa pengiriman yang cepat dan berkualitas, karena produk kalian berupa makanan. Sehingga sebisa mungkin kalian harus memenuhi pesanan pelanggan kalian secepat mungkin, Kalian bisa menggunakan exspedisi atau jasa pengiriman seperti JNE Reguler, J&T Express, GrapExpress dan lain - lain.

6. Buatlah Brand Kalian Sendiri

Untuk menanamkan produk kita di benak orang - orang, kita harus memiliki brand yang unik dan mudah dikenal dan diingat oleh orang - orang. Kalian bisa membuat stiker dengan brand kalian sendiri, dan tempelkan di produk kalian. Semakin kreatif kalian membuat brand kalian, semakin tertarik juga orang lain untuk membeli dagangan kalian. Kalian bisa bereksplorasi untuk bisa membuat brand kalian unik dan beda dari kompetitor yang lain.

7. Kelola Keuangan Dengan Baik

Keungan yang baik adalah salah satu kunci untuk mengelola bisnis dengan baik, kalian harus bisa mengelola keuangan bisnis kalian, mulai dari pengeluaran, pemasukan, biaya operasional, biaya untuk pembelian produk dan lain - lain. Catat setiap pengeluaran dan pemasukan ya sob!

Dengan kalian mengelola keuangan dengan baik dan benar maka kalian bisa berpeluang mendapatkan keuntungan yang lebih besar, dan bisnis kalian bisa berkembang menjadi lebih besar.

8. Promosikan Usaha dan Produk Kalian

Untuk menjadikan usaha kalian bisa dilirik dan diminati banyak orang, maka kalian bisa mempromosikan bisnis kalian. Kalian bisa mempromosikan produk kalian dengan memasang banner atau spanduk, tapi salah satu cara yang efisien / ampuh untuk mempromosikan bisnis atau usaha kalian adalah lewat medsos.

Mulai dari Instagram, Facebook, WhatsApp dan lain - lain. Buat akun khusus untuk bisnis kalian dan gunakan fitur - fitur yang ada di medsos yang bisa membantu kalian untuk mempromosikan bisnis kalian. Dalam promosi gunakan foto - foto yang bagus, sehingga bisa menarik perhatian banyak orang.

Selain itu kalian bisa juga memberikan promo - promo pada produk kalian, misal promo akhir tahun, promo hari raya Idul Adha dan lain lain. Agar nantinya banyak orang yang tertarik.


Kesimpulan

Dan itu tadi adalah Cara Buka Usaha Frozen Food Untuk Pemula!,  gimana nih sob? langsung dipraktekin ya! Oh ya yang penting ketika kalian berbisnis adalah kalian mampu mengelola bisnis kalian dengan baik dan benar.

Dan salah satu caranya adalah kalian bisa mencoba platform atau aplikasi yang bisa membantu kalian untuk mengatur bisnis kalian. Salah satunya KasirPro.

Jadi KasirPro adalah aplikasi layanan kasir digital yang bakalan bantu kalian sama yang namanya, perkasiranpencatatan atau pembukuan, dan laporan penjualan.

So, sampai di sini dulu artikel kali ini, terimakasih buat kalian yang udah baca sampai selesai, jangan lupa untuk lihat dan baca artikel artikel kami lainnya. Share juga postingan atau artikel ini supaya makin bermanfaat untuk orang lain.

Bersama KasirPro Ayo Jadi Lebih Pro!



Komentar