Gini Caranya Buka Usaha Kafe Bagi Pemula!


Mulai dari remaja bahkan sampai dewasa banyak yang suka nongkrong, salah satunya di kafe. Selain untuk menikmati secangkir kopi, dengan dekorasi kafe yang menarik, akan membuat pembeli merasa betah lebih lama. Dan ini bisa menjadi peluang bisnis yang bisa kita coba.

Lantas bagaimana caranya untuk buka usaha kafe? Di artikel ini kita bakalan belajar bareng gimana caranya untuk membuka usaha kafe untuk pemula agar mudahcuan. Jadi pastikan kalian baca sampai selesai ya sob!

Cara Buka Usaha Kafe

Untuk membuka usaha kafe, kita tidak boleh asal - asalan ya sob, apalagi tanpa perancangan dan strategi, karena dalam membuka sebuah usaha kita harus mempersiapkannya dengan sebaik mungkin. Dilansir dari bisnisukm.com, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk membuka usaha kafe ini, yaitu :

1. Pilih Tempat yang Strategis

Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah memilih tempat atau lokasi yang strategis, pastikan lokasi kafe kalian mudah dijangkau oleh pelanggan. Pilihlah lokasi yang ramai, bisa di dekat sekolah, kantor, dan lain - lain. Apalagi rata - rata banyak anak muda yang suka nongkrong di kafe. Jadi kalian harus pandai - pandai memilih tempat ya sob! 

Jangan sampai pelanggan kalian merasa kesulitan dalam menemukan lokasi kafe kalian, bisa jadi karena tempatnya yang terpencil atau sulit di jangkau.

2. Desain Kafe Sekeren Mungkin

Kenapa kafe harus di desain semenarik mungkin? Karena biasanya anak muda yang nongkrong di kafe dengan desain yang menarik suka untuk mengupload foto mereka di instagram. Dan biasanya mereka tag tempat / lokasi kafe itu. Jadi secara tidak langsung kafe tersebut semakin banyak dikenal oleh orang lain.

Kalian bisa mendesain kafe kalian dengan unik dan menarik, mulai dari ornamen - ornamen yang digunakan, dinding dengan tulisan / quote yang menarik perhatian, bahkan sampai kursi dan meja yang berbeda dengan kafe lain. Dengan begitu kafe kalian akan berpeluang semakin ramai.

3. Dapatkan Bahan Baku Langsung dari Grosir

Untuk mendapatkan bahan baku dengan harga yang murah kalian bisa membelinya langsung dari grosir, karena jika kalian membelinya dari pengecer, harganya akan lebih mahal. Ketika kalian bersungguh - sungguh untuk mejalankan usaha kafe ini, kalian disarankan untuk membeli dalam skala besar, dan itu tidak menjadi masalah, yang terpenting kalian bisa mendapatkan bahan baku dengan harga yang murah. Ini bermaksud untuk menekan biaya pengeluaran.

Selain itu kalian juga harus memperhatikan kualitas dari bahan baku yang kalian beli, jangan sampai kalian membeli bahan baku yang mudah rusak atau tidak layak pakai ya sob!

4. Buka Loker Part Time Jika Butuh Pegawai

Untuk bisnis kafe yang baru didirikan, biasanya belum memerlukan pegawai yang banyak. Dan juga tidak mungkin kalian akan mengurus kafe kalian sendiri. Nah solusinya kalian bisa membuka lowongan pekerjaan part time, ini juga bisa membantu kalian untuk menekan biaya pengeluaran khususnya dalam penggajian, karena kalian bisa menggaji pegawai part time kalian perjam saja sesuai dengan pekerjaan mereka.

Kalian bisa membuka loker part time ini untuk berkerja di sebagian waktu, misal dari pukul 4 sore sampai 11 malam dan lain - lain.

5. Layani Pelanggan Sebaik Mungkin

Hal yang satu ini tidak boleh kalian sepelakan ya sob, karena dengan pelayanan yang baik pelanggan kalian akan merasa betah dan nyaman di kafe kalian. Berikanlah pelayanan yang memuaskan dan penuh dengan keramahan.

Ketika kalian memberikan pelayanan yang baik, maka bisa jadi pelanggan kalian akan mengabarkan atau memberitahukan ke orang lain, sehingga akan semakin banyak orang yang datang ke kafe kalian, dan kafe kalian akan dinilai baik. 

Namun ketika kalian memberikan pelayanan yang buruk, bisa jadi nantinya pelanggan kalian akan mengabarkan ke orang lain, bahwa kafe kalian tidak memiliki pelayanan yang baik, dan pada akhirnya kafe kalian akan di nilai kurang layak/kurang baik.

6. Gunakan Kemasan yang Menarik dan Unik

Untuk menarik perhatian pelanggan, selain dengan desain kafe yang menarik, kalian juga bisa mendesain kemasan kalian semenarik dan seunik mungkin. dengan kemasan yang menarik, nantinya pelanggan kalian akan merasa senang, dan tidak sedikit yang sering memostingnya di instagram dan medsos yang lain.

7. Buat dan Jalankan Sendiri Strategi Marketing Kalian

Agar bisnis dan usaha kalian bisa berjalan dengan baik, kalian harus memiliki strategi yang baik pula. Salah satunya adalah strategi untuk memasarkan / mempromosikan produk atau kafe kalian. Nah daripada kalian repot - repot mencari jasa konsultan untuk mengurus masalah strategi marketing atau promosi kalian, kalian bisa belajar sendiri bagaimana cara memasarkan / mempromosikan kafe kalian sendiri.

Kalian bisa belajar ilmu komunikasi pemasaran yang baik secara otodidak, dengan memafaatkan akses internet yang ada. Selain itu medsospun bisa kalian jadikan salah satu tempat / platform untuk mempromosikan usaha kalian, mulai dari Instagram, Whatsapp, Facebook, dan lain - lain.


Kesimpulan

Dan itu tadi adalah Cara Buka Usaha Kafe Bagi Pemula,  gimana nih sob? langsung dipraktekin ya! Oh ya yang penting ketika kalian berbisnis adalah kalian mampu mengelola bisnis kalian dengan baik dan benar.

Dan salah satu caranya adalah kalian bisa mencoba platform atau aplikasi yang bisa membantu kalian untuk mengatur bisnis kalian. Salah satunya KasirPro.

Jadi KasirPro adalah aplikasi layanan kasir digital yang bakalan bantu kalian sama yang namanya, perkasiranpencatatan atau pembukuan, dan laporan penjualan.

So, sampai di sini dulu artikel kali ini, terimakasih buat kalian yang udah baca sampai selesai, jangan lupa untuk lihat dan baca artikel artikel kami lainnya. Share juga postingan atau artikel ini supaya makin bermanfaat untuk orang lain.

Bersama KasirPro Ayo Jadi Lebih Pro!

Komentar