Mau Jadi Konten Kreator? Ini Caranya!

 

Orang Indonesia terkenal bisa membuat konten-konten yang cepat viral, banyak konten-konten yang menarik dan bermanfaat yang bisa dibuat, mulai dari konten tentang makanan, hobi, olahraga, tutorial dan masih banyak lagi. Dan tidak sedikit pula konten kreator yang mendapatkan banyak keuntungan dari membuat konten-konten tersebut.

Sehingga bidang satu ini bisa menjadi peluang bagi kalian untuk mendapatkan keuntungan mulai dari pundi pundi rupiah dan keuntungan yang lain, apalagi bagi kalian yang sering punya ide-ide yang cemerlang dan jago editing video. Lantas bagaimana tips/cara untuk menjadi seorang konten kreator. 

Di artikel kali ini kita bakalan bahas tentang gimana cara/tips untuk menjadi seorang konten kreator. Jadi pastikan kalian baca sampai selesai ya sob!

Apa Itu Konten Kreator?

Konten kreator adalah seorang yang membuat konten seperti teks, video, audio, bahkan juga gambar. Yang di mana konten itu untuk berbagai macam platform, mulai dari website, sosial media, dan blog. Seorang Konten Kreator bisa membuat konten secara orisinil atau membuat konten yang sudah ada untuk dibagikan kepara penonton mereka.

Apa Saja Yang Mereka Buat?

Banyak hal yang bisa seorang konten kreator buat, seperti yang sudah disebutin di atas, ada beberapa hal yang bisa dibuat oleh seorang konten kreator, yaitu :

- Konten Berbasis Text : blog, artikel, berita

- Konten Video : Vlog, Tutorial, Review Produk, Tips & Trik

- Konten Audio : Podcast

- Konten Berbasis Gambar : Infografis

- Konten Sosial Media : Post, Story Instagram, Reels, dan masih banyak lagi

Selain itu, tidak sedikit konten kreator yang fokus pada beberapa topik, seperti makanan, tutorial, kesehatan, hobi atau bahkan juga olahraga. Biasanya mereka juga spesialis di platform sosial media tertentu, seperti Instagram, TikTok dan lain-lain.

Cara Menjadi Konten Kreator?

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk bisa menjadi seorang Konten Kreator, Dilansir dari glints.com, menurut HubSpot, ada kebiasan yang sering dilakukan oleh seorang konten kreator yang sukses, yaitu :

1. Rajin Rajin Membaca

Hal pertama yang harus dilakukan adalah rajin membaca apalagi tentang industri atau topik yang sedang ditekuni. Kenapa? karena ini berpengaruh pada proses pembuatan konten. Sehingga konten yang dibuat nantinya akan sesuai dengan keadaan industri saat ini. Oh ya, tidak hanya itu, bisa jadi nantinya konten yang dibuat sesuai dengan apa yang diinginkan oleh audiens atau penonton kalian. 

2. Tulis Setiap Ide yang Muncul

Tidak harus menulis sebanyak 5 lembar atau bahkan 1 buku full ya sob! karena bukan tentang inspirasi yang hadir saat menulis, tapi inspirasi yang datang dari setiap tulisan yang dibuat. Biasakan untuk duduk kurang lebih 10-15 menit setiap harinya untuk mengeluarkan setiap ide dan pemikiran yang dimiliki.

Tulislah ide - ide dan pemikiran itu, bebas bentuknya seperti apa, karena dari situ inspirasi akan muncul.

3. Pelajari Juga Audiens

Selain mempelajari industri atau topik yang ditekuni, kita juga harus mempelajari audiens kita dengan sebaik mungkin. Karena nantinya audiens lah yang akan melihat dan menilai konten kita. Seorang konten kreator yang baik, lazimnya mengetahui audiensnya dengan baik.

Lantas kenapa kita harus mengetahui audiens kita dengan baik, karena dengan kita mengetahui audiens kita telebih dahulu, maka kita bisa membuat konten yang sesuai. Jangan sampai ketika audiens kita adalah orang dewasa, malah nantinya kita membuat konten permainan anak-anak aau konten yang tidak sesuai dengan audiens kita.

4. Pastikan Buat Konten yang Orisinil

Hal selanjutnya yang harus kalian lakukan adalah membuat konten yang orisinil, orisinil di sini artinya adalah konten yang menjadi gaya dan ciri khas kalian. Dengan adanya gaya dan ciri khas ini, nantinya yang akan membedakan kalann dengan konten kreator yang lain.

Kenapa harus punya ciri khas sendiri? Karena sudah banyak di luar sana konten kreator yang ada, jika kalian tidak memiliki ciri khas sendiri maka bisa jadi dengan mudah kalian akan terpinggirkan. Baik itu dengan cara membuat konten yang unik atau menggunakan medium yang berbeda. Sehingga itu bisa menjadi gaya kalian sendiri.

5. Jadikan Konten Sebagai Solusi

Agar konten yang kita buat nantinya dapat digemari oleh banyak orang, maka jadikan konten yang kalian buat sebagai sebuah solusi. Fokuslah untuk membantu audiens ya sob, buka untuk menggurui mereka. Dengan kita membuat konten yang memberikan solusi, maka akan menjadikan konten lebih dihargai, karena yang membuat konten tersebut menempatkan diri untuk membantu audiens mereka.

6. Kurasi Konten Orang Lain

Maksud kurasi di sini adalah selain membagikan konten milik orang lain, kalian harus bisa melakukan sesuatu dengan konten tersebut. Seorang konten kreator yang sukses tidak hanya membagikan ulang konten yang sesuai dengan topik atau industrinya, namun juga harus bisa berinteraksi dengan konten itu dan tunjukkan bahwa kalian adalah seorang ahli.

Contohnya, di Twitter ada seorang yang membagikan video, dan itu merupakan konten. Kalian bisa menimpalinya dengan cara meretweet video tersebut, lalu kalian tambahakn dengan komentar kalian sendiri, atau kalian bisa memasukkan gif plus video dalam komentarmu.

Hal tersebut akan membuat konten kalian menjadi lebih memiliki nilai informasi, apalagi ketika kalian bisa menambahkan fakta lain yang di mana ada kaitannya dengan unggahan itu. Nah, dengan begitu nantinya personal brand kamu akan terbentuk juga.

7. Nilai Konten Kalian

Internet sekarang ini menjadi tempat untuk berkumpulnya konten-konten yang ada, dan itu bisa kalian gunakan sebagai tempat penilaian bagi konten kalian. Lewat beberapa martikulasi tertentu, kalian bisa menilai apakah konten yang kalian bagikan sudah baik.

Kalian bisa meilhat sosial media, direct, dan organic traffic dari konten kalian, nantinya dari situ kalian bisa melihat kelayakan konten kalian dan kalian bisa juga mendapatkan penilaian dari orang lain, apakah mereka suka atau tidak. Nantinya kalian bisa membuat strategi selanjutnya atau kalian bisa menggunakan data tersebut untuk membuat konten yang lebih baik lagi.

8. Buat Jaringan Dengan Konten Kreator Lain

Dengan kalian membuat jaringan dengan Konten Kreator yang lain, maka kalian bisa belajar banyak hal dari mereka. Kalian bisa berdiskusi tentang konten seperti apa yang baik dan bagus. Selain itu nantinya kalian bisa mempunyai banyak teman, yang di mana kalian bisa memahami dan mendengarkan banyak ide dari mereka.

Kalian juga bisa berkolaborasi dengan Konten Kreator yang lain, untuk membuat konten-konten yang lebih baik dan bermanfaat bagi audiens.

9. Terus latih Rasa Ingin Tahu

Agar konten yang kita buat bervariasi, unik, dan tidak monoton, kita harus melatih diri kita untuk selalu haus akan ilmu pengetahun. Dengan kita memposisikan diri kita sebagi orang yang tidak tahu, maka kita akan terus berusaha untuk belajar dan mencari tahu.

Jangan cepat puas dengan ilmu yang kita miliki, dengan kita terus menimba ilmu kita akan lebih tahu banyak hal. Sehingga ketika kita membuat konten, kita lebih kreatif dan bijak.


Kesimpulan

Dan itu tadi adalah Cara Menjadi Konten Kreator,  gimana nih sob? langsung dipraktekin ya! Oh ya sob, buat kalian yang saat ini sedang berbisnis, apakah kalian udah tahu sama yang namanya KasirPro?

Jadi KasirPro adalah aplikasi layanan kasir digital yang bakalan bantu kalian sama yang namanya, perkasiranpencatatan atau pembukuan, dan laporan penjualan.

So, sampai di sini dulu artikel kali ini, terimakasih buat kalian yang udah baca sampai selesai, jangan lupa untuk lihat dan baca artikel artikel kami lainnya. Share juga postingan atau artikel ini supaya makin bermanfaat untuk orang lain.

Bersama KasirPro Ayo Jadi Lebih Pro!

Komentar