Solusi Agar Warung Nggak Sepi Lagi!


Persaingan yang semakin ketat menjadikan warung mudah sepi, bisa jadi karena bosannya pelanggan dengan produk yang kita jual, atau adanya produk dari kompetitor lain yang lebih menarik perhatian pelanggan. 

Oleh karena itu kita harus pandai-pandai untuk mempertahankan warung atau usaha kita agar tetap ramai akan pelanggan. Dengan ramainya pelanggan, maka akan semakin besar pula peluang untuk kita bisa mendapatkan keuntungan.

Lantas apa saja hal yang bisa dilakukan agar warung atau usaha kita bisa tetap ramai? Tenang sob! Di artikel kali ini kita bakalan belajar bareng, gimana caranya agar warung atau usaha kita tetap ramai akan pelanggan.

Solusi Bagi Warung/Usaha yang Sepi

Apa saja yang harus kita lakukan agar warung atau usaha kita tidak sepi? Dilansir dari idntimes.com, ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar warung/usaha kita tidak sepi, yaitu :

1. Lakukan Inovasi

Agar usaha atau warung yang kita miliki tidak mudah sepi, kita harus pandai - pandai untuk melakukan inovasi. Baik itu inovasi pada produk kita, kemasan yang digunakan, atau bahkan juga layanan dari usaha kita. Salah satu penyebab sepinya pasar bisa jadi karena pelanggan sudah bosan dengan produk yang itu-itu saja, atau pelayanan yang membosankan. 

Oleh karena itu inovasi bisa menjadi jawaban dari masalah ini. Oh ya sob! Sebelum kalian melakukan inovasi, kalian lakukan analisis potensi keuntungan dan kerugian yang mungkin nantinya dialami ya sob! Dengan melakukan analisis ini, nantinya kalian akan tahu apakah perlu melakukan inovasi atau tidak, dan inovasi seperti apa yang bisa dilakukan.

2. Perhatikan Kualitas Produk

Terkadang salah satu penyebab dari sepinya warung atau usaha adalah kualitas produk tidak sesuai atau tidak setara dengan harga jualnya. Sehingga pelanggan merasa tidak "worth it" apabila membeli produk dengan harga yang melejit namun kualitasnya kurang. Sehingga pelanggan pun bisa saja berpaling pada kompetitor lain yang mampu memberikan kualitas yang mumpuni atau setara dengan harga yang di tawarkan.

Sehingga tidak ada salahnya untuk meninjau atau mengecek kembali kualitas dari produk yang kita jual. Agar nantinya pelanggan tidak kecewa dengan produk yang kita jual. Namun bagi kalian yang sudah merasa bahwa kualitas produk yang kalian jual sudah sesuai dengan harga yang ditawarkan, maka yang harus kalian lakukan adalah memberikan informasi atau penjelasan yang meyakinkan pelanggan, bahwa produk yang kalian jual sesuai dengan harga yang ditawarkan.

3. Berikan Diskon

Solusi selanjutnya yang bisa kalian lakukan adalah memberikan diskon pada produk yang kalian jual atau jasa yang kalian tawarkan. Karena terkadang pelanggan merasa enggan untuk berbelanja di toko kalian adalah karena harganya yang selalu tinggi dibandingkan kompetitor lain yang memberikan banyak diskon atau potongan harga.

Diskon ini bisa menjadi daya tarik bagi pelanggan, namun bukan berarti kita asal-asalan dalam memberikan diskon ini ya sob! Pikirkan dengan baik berapa batasan dalam memberi diskon pada produk atau jasa yang ditawarkan.

4. Mencoba Jualan Secara Online

Tidak ada salahnya untuk menjual produk kita secara online, dengan adanya inovasi pada teknologi sekarang ini, bisa kita manfaatkan untuk mengembangkan usaha atau bisnis kita. Kita bisa menggunakan platform e-commerce untuk menjual produk kita. Kita juga bisa memanfaatkan medsos yang ada untuk bisa mempromosikan produk atau usaha kita, kita bisa mengenalkan produk/usaha kita dengan mudah dan luas kepada orang lain.

Selain itu dengan kita melakukan penjualan online, kita bisa menciptakan pasar sendiri dan biaya pemasaran menjadi lebih rendah atau sedikit untuk jangkauan yang luas.

5. Meningkatkan Kualitas Layanan

Agar usaha atau warung yang kita tetap ramai dan pelanggan betah, kita harus meningkatkan kualitas pelayanan dari usaha kita. Pelayanan yang baik perlu dilakukan, karena banyak pelanggan yang memiliki karakter yang berbeda dalam memesan makanan atau produk. Sehingga kita harus secara profesional dan baik dalam melayani pelanggan kita.

Ketika pelayanan yang kita berikan buruk maka akan membuat pelanggan bisa saja tidak akan membeli produk kita untuk kedua kalinya, jadi pastikan kita memberikan pelayanan yang baik dan  berkualitas ya sob!


Kesimpulan

Dan itu tadi adalah Solusi Agar Warung Nggak Sepi Lagi!,  gimana nih sob? langsung dipraktekin ya! Oh ya yang penting ketika kalian berbisnis adalah kalian mampu mengelola bisnis kalian dengan baik dan benar.

Dan salah satu caranya adalah kalian bisa mencoba platform atau aplikasi yang bisa membantu kalian untuk mengatur bisnis kalian. Salah satunya KasirPro.

Jadi KasirPro adalah aplikasi layanan kasir digital yang bakalan bantu kalian sama yang namanya, perkasiranpencatatan atau pembukuan, dan laporan penjualan.

So, sampai di sini dulu artikel kali ini, terimakasih buat kalian yang udah baca sampai selesai, jangan lupa untuk lihat dan baca artikel artikel kami lainnya. Share juga postingan atau artikel ini supaya makin bermanfaat untuk orang lain.

Bersama KasirPro Ayo Jadi Lebih Pro!

Comments