Tips Buka Usaha Buah Agar Mudah Cuan!


Mulai dari anak-anak, muda, dan dewasa banyak yang suka dengan buah-buahan, mulai dari rasanya yang enak dan segar, serta khasiat yang didapatkan ketika memakannya. Sehingga peminatnya pun juga banyak. Selain dari masyarakat umum yang mengonsumsi buah-buahan, beberapa sektor bisnis pun juga memerlukan buah-buah sebagai bahan utama dalam usaha mereka.

Oleh karena itu, sangat sayang ketika kesempatan ini kita lewatkan begitu saja, kita bisa memanfaatkan salah satu kesempatan ini untuk berbisnis, dan salah satunya adalah membuka usaha buah-buahan. Lantas bagaimana cara atau apa tips untuk membuka usaha buah-buahan ini?

Di artikel ini kita bakalan belajar bareng, tips untuk membuka usaha buah-buahan bagi pemula, jadi pastikan kalian baca sampai selesai ya sob, agar kalian nggak ketinggalan informasi-informasi menarik di artikel kali ini.

Tips Membuka Usaha Buah-Buahan

Ada beberapa hal yang harus kalian lakukan ketika kalian ingin membuka usaha buah-buahan, dilansir dari cermati.com, ada beberapa cara atau tips yang bisa kalian lakukan, yaitu :

1. Pahami Buah-Buahan yang Dijual

Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah kalian pahami terlebih dahulu tentang buah-buaha yang kalian jual. Mulai dari jenis-jenis buah yang dijual, cara merawatnya, berapa lama buah bisa tahan segar / tidak busuk, dan lain-lain. Kenapa harus dipahami? Agar nantinya kalian tahu bagaimana cara merawat buah dengan baik agar tetap segar dan tidak mudah busuk.

Selain itu ketika ada pelanggan yang bertanya tentang buah-buahan yang kalian jual, kalian bisa memberikan penjelasan dengan baik. Karena terkadang ada pelanggan yang meminta untuk diberikan buah yang manis, dengan kalian belajar sebelumnya kalian bisa membedakan mana buah yang benar-benar manis bahkan mungkin hanya dengan melihat warna buahnya saja.

2. Pilih Lokasi yang Strategis

Lokasi berjualan merupakan satu hal yang tidak bisa disepelakan ya sob, karena ketika kita memilih lokasi yang asal-asalan/kurang straegis, maka bisnis kita akan sulit untuk berkembang. Pilihlah lokasi yang mudah dijangkau oleh orang dan ramai akan pengunjung.

Karena target market dari usaha buah-buahan ini salah satunya adalah orang dewasa, maka carilah tempat yang ramai dilalui oleh orang-orang dewasa tersebut, mulai dari pasar, pinggir jalan raya, atau bahkan di dekat perkantoran.

3. Jual Buah yang Berkualitas

Agar pelanggan kalian merasa puas dan tidak kecewa berbelanja di toko kalian, maka jualah buah-buahan yang berkualitas, buah yang segar, sehat, dan bersih. Jangan jual buah yang sudah mulai kusut atau bahkan kurang terjaga kebersihannya.

Sehingga ketika kalian jual buah-buahan yang bagus dan bersih, maka orang pun akan merasa tertarik saat melihatnya. Pastikan kalian sortir terlebih dahulu ya sob, buah-buah yang akan kalian jual nantinya.

4. Tidak Perlu Sewa Kios

Ketika kita menyewa kios untuk berjualan, maka kita juga harus membayar biaya sewa, biaya listrik, dan biaya yang lain. Agar lebih hemat dalam berjualan, bagi kalian yang punya mobil, kalian bisa menggunakan mobil kalian untuk berjualan keliling ke berbagai tempat.

Sehingga kalian bisa menjangkau pelanggan yang lebih banyak lagi. Penghasilan yang kalian dapatkan pun akan semakin maksimal. Namun bagi kalian yang tidak memungkinkan untuk berjualan dengan mobil, dan harus sewa kios, maka pilihlah kios dengan biaya sewa dan biaya-biaya lain yang relatif murah dan memiliki lokasi yang strategis.

5. Temukan Produsen yang Berkualitas dan Terpercaya

Agar kalian bisa berbisnis dengan baik, kalian harus menemukan produsen yang berkualitas dan terpercaya. Baik itu dari kualitas buah-buahannya, harga, dan penyediaan persediaan. Kalian tidak perlu menjadi seorang petani buah untuk berjualan buah - buahan. Kalian bisa membeli buah-buahan itu langsung dari petani atau produsen buah.

6. Tata Buah Dengan Baik

Agar dapat menarik perhatian calon pembeli, kalian harus menata buah-buahan kalian dengan semenarik dan serapi mungkin. Pastikan kalian menata buah-buahan yang kalian jual dengan rapi dan dapat dilihat oleh pelanggan dengan mudah.

Perhatikan juga packing buah-buahannya, dan berat dari buah, jangan asal-asalah menata buah tanpa memperhatikan berat buah. Jangan taruh buah yang berat di bagian atas buah-buahan yang ringan. Agar nantinya buah-buahan tidak mudah penyok.

7. Jual Buah-Buahan yang Bervariasi

Agar pelanggan bisa membeli buah-buahan yang mereka inginkan, kita harus mampu menyediakan buah-buahan yang bervariasi atau beraneka ragam. Baik itu Jeruk, Apel, Mangga, Rambutan, Pepaya, Buah Naga dan lain-lain.

Jualah buah-buahan yang universal, artinya buah-buahan yang banyak diminati oleh berbagai kalangan masyarakat, sehingga bisa cepat habis.

8. Berikan Pelayanan yang Terbaik

Agar pelanggan kalian merasa nyaman membeli buah-buahan di toko kalian, maka kalian harus memperlakukan pelanggan kalian dengan sebaik mungkin. Jangan mudah marah ketika pelanggan banyak bertanya atau pegang buah ini dan itu. Bantulah mereka memilih buah yang merka inginkan.

Semakin baik pelayanan yang kalian berikan, semakin nyaman dan betah pelanggan kalian untuk berbelanja di toko kalian.

9. Terima Pesanan Online

Salah satu peluang untuk bisa memajukan bisnis ini adalah lewat pesanan online, manfaatkan dengan baik pesanan online ini. Karena tidak sedikit juga masyarakat sekarang ini yang suka berbelanja secara online. sediakan jasa antar mobil atau motor, jangan pakai jasa logistic, agar buah-buahan yang dipesan oleh pelanggan bisa sampai ke tujuan dengan keadaaan baik.

10. Percaya Diri

Untuk bisa bertahan diantara persaingan bisnis/usaha yang lain, kita harus percaya diri dalam berjualan buah-buahan. Karena buah-buahan ini banyak diminati oleh berbagai kalangan, maka tidak sedikit juga kompetitor-kompetitor yang ada.

Selalu berfikir positif, bahwa usaha ini akan berhasil dan sukses, dengan begitu kalian akan terus semangat dalam berbisnis/berusaha.

11. Promosikan Usaha

Oh ya sob! Selain dari tips-tips di atas, ada satu tips yang tidak boleh kalian lewatkan. Kalian harus mempromosikan usaha kalian. Dengan kalian mempromosikan usaha kalian, maka akan semakin banyak orang yang tahu dengan usaha kalian, sehingga peluang kalian untuk mendapatkan keuntungan lebih besar.

Kalian bisa memasang spanduk atau banner, namun ada salah satu cara yang efektif nih sob, yaitu dengan menggunakan medsos ( media sosial ). Kalian bisa mempromosikan bisnis kalian lewat berbagai macam medsos yang tersedia, mulai dari Instagram, Facebook dan Whatsapp.

Berikan juga promo-promo  yang bisa menarik perhatian dan minat pelanggan kalian, selain itu kalian juga bisa memberikan edukasi kepada pelanggan kalian tentang buah-buahan, sehingga ilmu yang kalian miliki bisa bermanfaat untuk orang lain.


Kesimpulan

Dan itu tadi adalah Tips Buka Usaha Buah-Buahan Agar Mudah Cuan!,  gimana nih sob? langsung dipraktekin ya! Oh ya yang penting ketika kalian berbisnis adalah kalian mampu mengelola bisnis kalian dengan baik dan benar.

Dan salah satu caranya adalah kalian bisa mencoba platform atau aplikasi yang bisa membantu kalian untuk mengatur bisnis kalian. Salah satunya KasirPro.

Jadi KasirPro adalah aplikasi layanan kasir digital yang bakalan bantu kalian sama yang namanya, perkasiranpencatatan atau pembukuan, dan laporan penjualan.

So, sampai di sini dulu artikel kali ini, terimakasih buat kalian yang udah baca sampai selesai, jangan lupa untuk lihat dan baca artikel artikel kami lainnya. Share juga postingan atau artikel ini supaya makin bermanfaat untuk orang lain.

Bersama KasirPro Ayo Jadi Lebih Pro!

Komentar