Tips Mengelola Gaji Bagi Karyawan Agar Tidak Mudah Boros!


Penggunaan uang menjadi sesuatu yang biasa dalam kehidupan sehari - hari, karena mulai dari kebutuhan pokok dan kebutuhan yang lain, rata - rata membutuhkan uang untuk mendapatkannya. Lantas bagaimana jadinya, jika kita tidak dapat mengatur atau mengalokasikan uang yang kita miliki, khususnya dari gaji yang kita peroleh? Bisa jadi uangnya cepat habis untuk hal - hal yang sebenarnya tidak kita butuhkan.

Dengan kita mengelola keuangan dengan baik, maka kita bisa menggunakan uang tersebut untuk hal - hal yang semestinya, tidak boros dan kita bisa punya tabungan. Yang di mana tabungan itu nantinya bisa bermanfaat untuk kebutuhan yang akan datang. Dan di artikel ini kita bakalan bahas, tentang tips atau cara mengelola gaji bagi karyawan supaya tidak mudah boros.


Tips Mengelola Gaji Bagi Karyawan

Gaji yang didapatkan oleh karyawan - karyawan saat ini beragam, ada yang berkisar 2 - 3 juta, 4 - 8 juta, atau bahkan juga bisa lebih. Lantas bagaimana cara mengatur keuangan dari gaji yang didapatkan, agar nantinya bisa digunakan untuk hal - hal yang bermanfaat. Dikutip dari finansialku.com, ada beberapa tips yang bisa dilakukan karyawan untuk mengelola gajinya :

1. Buat Anggaran Belanja

Untuk mengelola uang dengan baik, hal pertama yang bisa kalian lakukan adalah mencatat setiap pengeluaran yang dikeluarkan. Bahkan sampai pengeluaran yang paling kecil. Karena pengeluaran - pengeluaran kecil itu, ketika dikumpulkan dalam periode waktu tertentu akan menjadi besar.

Luangkanlah waktu paling tidak seminggu sekali, untuk mencatat pengeluaran yang sudah dilakukan. Mulai dari pengeluaran yang terkecil dampai yang terbesar. Dengan kalian melakukan pencatatan pada pengeluaran yang kalian lakukan, kalian akan tahu gaji kalian tergunakan untuk apa saja, dengan begitu kalian nanti tahu apa saja sebenarnya pengeluaran yang tidak dibutuhkan.

Buatlah anggaran belanja yang di mana kalian sesuaikan dengan gaji kalian, buatlah rencana pengeluaran yang terstruktur dan sesuaikan dengan kebutuhan kalian. Bedakan mana yang kalian butuhkan dan mana yang yang tidak dibutuhkan.


2. Bedakanlah Antara Kebutuhan dan Keinginan

Tidak ada salahnya memenuhi keinginan kita, anggap saja itu sebagi reward dari kerja keras yang sudah kita lakukan. Namun ketika gaji yang didapatkan mepet, maka penuhi terlebih dahulu kebutuhan kalian.

Ada skema mengatur uang yang bisa kalian coba dari Elizabeth Warren, dalam bukunya All Your Worth: The Ultimate Lifetime Money Plan, yang di mana Elizabeth Warren mengajarkan cara mengatur keuangan yang efektif untuk memenuhi kebutuhan keluarga dengan menggunakan skema 50:30:20.

Skema itu adalah berupa Pengeluaran Wajib, Pengeluaran Tambahan, Investasi atau Tabungan. Ketika kalian mau disiplin mengatur keuangan kalian, maka kemungkinan besar hidup kalian bisa tenang tanpa takut akan masalah keuangan.


3. Menabung Bersama

Menabung adalah sesuatu hal yang harus kalian lakukan untuk mengatur keuangan kalian, karena dengan kalian menabung kalian punya uang simpanan yang bisa kalian gunakan ketika suatu saat kalian membutuhkannya.

Kalian bisa menyisihkan uang dari gaji yang kalian dapatkan untuk kalian tabung, dan usahakan kalian tidak menggunakan uang tabungan itu, kecuali jika memang terdesak untuk menggunakannya.

Tabunglah dengan disiplin, agar nantinya kalian bisa memiliki tabungan yang cukup atau bahkan banyak, walau kalian menabung dengan nominal yang sedikit, lama - kelamaan kalian akan mempunyai tabungan yang banyak


4. Tabung di Tempat yang Terpisah

Tabung uang yang telah anda dedikasikan untuk ditabung di rekening atau tempat yang terpisah, pisahkan antara rekening atau tempat penyimpanan uang yang kalian gunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari hari seperti membayar listrik, membayar air, dan lain - lain, dengan tabungan kalian.

Setelah kalian pisahkan, maka kalian akan lebih jelas dalam penggunaan uang kalian, mana uang yang digunakan untuk kebutuhan sehari - hari dan mana uang tabungan kalian.


5. Lunasi Hutang atau Cicilan yang Kalian Miliki

Salah satu hal yang harus segera kalian lakukan setelah menerima gaji adalah kalian harus melunasi / menyicil hutang kalian, atau bahkan membayar cicilan yang kalian miliki. Dengan begitu akan memudahkan kalian untuk menganggarkan sisanya untuk kebutuhan kalian, mungkin penggunaan dalam 1 bulan dan untuk ditabung.

Jika ingin menyicil sesuatu, alangkah baiknya kalian sesuaikan dengan 30% kebutuhan kalian, berfikir ulanglah sebelum kalian ingin membeli barang dengan cara hutang/cicil.


6. Hindari Menambah Hutang & Fokus Berinvestasi

Terkadang ketika hutang di satu tempat sudah lunas, akan ada pikiran atau keinginan untuk hutang di tempat yang lain. Padahal daripada kita menambah hutang, kita bisa menggunakan uang kita untuk berinvestasi.

Berinvetasilah kalian pada produk - produk yang kalian pahami dengan baik, seperti emas, properti, saham dan lain - lain. Bahkan saat ini dengan uang Rp 100.000 saja, kalain sudah bisa berinvestasi.

Berhematlah dan tahan nafsu kalian dari membeli barang - barang yang pada dasarnya kalian tidak membutuhkannya, karena dengan menambah hutang itu akan menjadikan beban tersendiri dalam finansisal seseorang.


7. Tetapkan Target Keuangan Berjangka Panjang

Buat rencana atau target keuangan bagi keluarga atau diri anda di masa yang akan datang, misal dana untuk pendidikan anak, dana menikah, dana liburan, dana membangun rumah dan lain - lain.

Dengan begitu kalian bisa lebih fokus untuk mengatur keuangan kalian dan meminimalkan pemborosan. Dengan kalian membuat target seperti ini, kalian bisa tahu apa yang perlu untuk dilakukan dan apa yang tidak perlu untuk dilakukan.

Kesimpulan

Nah itu tadi adalah beberapa tips Mengelola Gaji Bagi Karyawan Agar Tidak Mudah Boros! yang bisa kalian coba, dengan begitu kalian bisa mengalokasikan uang kalian untuk hal - hal yang berguna untuk kalian atau keluarga kalian.

Dan bagi kalian para pebisnis yang ingin mengatur bisnis kalian terutama dengan yang namanya Perkasiran, Pencatatan/Pembukuan dan Laporan Penjualan, Kalian bisa mengandalkan KasirPro.

Aplikasi layanan kasir digital yang bisa membantu kalian mengatur bisnis kalian, di manapun dan kapanpun, secara Gratis!.

So sampai di sini dulu artikel kali ini, terimakasih buat kalian yang udah baca sampai akhir, jangan lupa baca juga artikel - artikel kami lainnya, share juga artikel ini supaya makin bermanfaat untuk orang lain.

Bersama KasirPro Ayo Jadi lebih Pro!

Komentar