Hal-Hal Penting yang Gak Boleh Lupa Waktu Berbisnis Makanan Online!


Kalian punya bisnis makanan online sob! atau lagi pengen buka usaha ini? Terkadang untuk menjalankan suatu bisnis ada beberapa hal yang harus kita perhatikan, agar nantinya bisnis kita bisa berjalan dengan baik dan bisa sukses. Apalagi bisnis makanan online, yang di mana kita harus memperhatikan bisnis ini dengan baik dan teliti.

Lantas apa saja hal-hal yang perlu dipertimbangkan atau diperhatikan dalam menjalankan bisnis makanan online ini? Di artikel ini aku bakalan kasih tahu ke kalian, apa saja hal yang perlu diperhatikan agar bisnis makanan online yang kalian jalankan bisa lebih efektif.

Apa Saja Yang Harus Dipertimbangkan?

Terkadang bukan hanya sekedar makanan yang dijual saja yang harus diperhatikan, ada banyak lagi yang harus diperhatikan agar dapat menjadikan pelanggan kita puas baik itu dengan makanan yang kita jual atau dengan layanan yang kita berikan, berikut hal-hal yang harus diperhatikan dalam berbisnis makanan online :

1. Kualitas Makanan

Kualitas makanan yang kalian tawarkan sangat penting untuk kesuksesan bisnis kalian. Kalian harus memastikan bahwa makanan yang kalian tawarkan segar, lezat, dan konsisten dalam rasa dan penyajian. Hal ini akan membantu membangun basis pelanggan yang setia dan membangun reputasi positif untuk merek kalian.

Berikanlah kualitas makanan yang terbaik ya sob, semakin baik kualitas yang kalian berikan, maka semakin baik pula persepsi pelanggan terhadap bisnis kalian.

2. Situs Web Atau Aplikasi yang Mudah Digunakan

Situs web atau aplikasi kalian harus mudah dinavigasi dan digunakan, dengan menu yang jelas, foto-foto makanan yang bagus, dan informasi tentang bisnis yang jelas. Pastikan situs kalian dioptimalkan/mudah digunakan pada perangkat seluler (smartphone) , karena tidak sedikit juga pelanggan yang akan memesan melalui ponsel mereka.

Memiliki situs web sendiri merupakan hal yang penting bagi sebuah bisnis, dengan kita memiliki situs web sendiri kita bisa mengenalkan bisnis kita ke calon pelanggan kita, mulai dari makanan yang kita jual, layanan antar yang digunakan, dan lain-lain.

3. Sistem Pemesanan dan Pengantaran yang Efisien

Sistem pemesanan dan pengantaran kalian harus efisien, dapat diandalkan, dan mudah digunakan. Pastikan pelanggan dapat dengan mudah melakukan pemesanan dan menerima informasi terbaru tentang status pesanan mereka. Bekerjasamalah dengan mitra pengantaran/delivery yang dapat diandalkan untuk memastikan pengantaran makanan kalian tepat waktu dan aman.

Terkadang hal yang membuat pelanggan kesal atau kurang menyukai suatu bisnis khususnya bisnis makanan online adalah keterlambatan dalam pengantaran makanan. Pelanggan bisa saja langsung berfikir bahwa bisnis itu kurang baik dalan pelayanannya, jadi pastikan kalian dapat mengantarkan pesanan pelanggan dengan tepat waktu ya sob!

4. Pemasaran dan Periklanan Online

Untuk menjangkau pelanggan potensial, kalian perlu berinvestasi dalam pemasaran dan periklanan online. Ini dapat mencakup iklan media sosial, pemasaran email, dan pengoptimalan mesin pencari (SEO). kalian juga bisa bermitra dengan blogger makanan atau influencer media sosial untuk membantu mempromosikan brand kalian.

Selain itu kalian juga bisa membuat konten-konten seperti video yang berguna dan menarik bagi pelanggan, seperti video tentang cara memasak makanan, cara mengolah makanan dengan unik dan lain-lain, itu semua tergantung kalian, yang terpenting konten tersebut dapat bermanfaat, menghibur atau mengedukasi ya sob!

5. Customer Service yang Kuat

Customer Service/Layanan Pelanggan yang baik sangat penting untuk membangun basis pelanggan yang setia dan membangun reputasi merek yang positif. Pastikan kalian peduli terhadap pertanyaan dan masalah pelanggan, dan kalian memberikan solusi yang cepat dan efektif untuk setiap masalah yang muncul. Berikan layanan yang baik dan tepat waktu untuk membangun pengalaman pelanggan yang positif.

6. Harga yang kompetitif

Harga kalian harus kompetitif dan sesuai dengan kualitas makanan dan tingkat layanan yang kalian berikan. Kalian mungkin perlu bereksperimen dengan model penetapan harga yang berbeda untuk menemukan keseimbangan yang tepat antara keterjangkauan dan profitabilitas. Jadi kalian bisa mencoba model penetapan harga yang ada untuk bisa menemukan harga jual yang sesuai, tidak terlalu rendah dan tidak terlalu tinggi.

Karena salah satu aspek yang dilihat oleh calon pembeli ketika ingin membeli suatu makanan adalah harganya, jadi pastikan kalian riset terlebih dahulu ya sob, jangan asal-asalah dalam memberikan harga pada makanan yang kalian jual.

7. Kepatuhan Terhadap Standar Keamanan dan Kebersihan Makanan

Penting untuk mematuhi standar keamanan dan kebersihan makanan untuk memastikan keamanan pelanggan dan melindungi reputasi merek kalian. Pastikan area persiapan dan penyimpanan makanan kalian bersih dan terawat dengan baik, serta kalian mengikuti semua pedoman dan peraturan keamanan makanan.

Terkadang pelanggan juga memperhatikan tingkat kebersihan makanan yang mereka beli, jadi pastikan kalian menjaga kebersihan makanan kalian ya sob, bahkan juga alat masak, tempat masak dan lain-lain. Ketika kalian menyajikan makanan yang bersih/higienis, maka pelanggan akan memiliki persepsi yang baik terhadap bisnis kalian.


Kesimpulan

Dan itu tadi adalah Hal-Hal Penting yang Gak Boleh Lupa Waktu Berbisnis Makanan Online,  gimana nih sob? langsung dipraktekin ya sob! Yang penting selalu perhatikan hal-hal sekecil apa pun yang berpengaruh pada bisnis makanan online kalian.

Oh ya, selain itu ketika kalian berbisnis kalian mampu mengelola bisnis kalian dengan baik dan benar. Dan salah satu caranya adalah kalian bisa mencoba platform atau aplikasi yang bisa membantu kalian untuk mengatur bisnis kalian. Salah satunya KasirPro.

Jadi KasirPro adalah aplikasi layanan kasir digital yang bakalan bantu kalian sama yang namanya, perkasiranpencatatan atau pembukuan, dan laporan penjualan.

So, sampai di sini dulu artikel kali ini, terimakasih buat kalian yang udah baca sampai selesai, jangan lupa untuk lihat dan baca artikel artikel kami lainnya. Share juga postingan atau artikel ini supaya makin bermanfaat untuk orang lain.

Bersama KasirPro Ayo Jadi Lebih Pro!

Komentar