Menjadi Terdepan di Bisnis Makanan yang Penuh Persaingan


Bisnis makanan merupakan salah satu industri dengan persaingan yang ketat/ramai, mulai dari bisnis dengan skala kecil, menengah, atau bisnis makanan yang besar. Kita pun sering menjumpai bisnis makanan ini hampir dalam keseharian kita. Mulai dari bisnis makanan catering, restoran, cafe, warmindo dan lain-lain.

Dalam bisnis makanan yang ramai akan persaingan, menjadi yang terdepan merupakan tantangan besar bagi banyak pengusaha. Namun, dengan beberapa strategi, bisnis makanan kalian dapat tetap bersaing di pasar yang ramai. Lantas bagaimana caranya, nah di artikel ini aku bakalan kasih tahu ke kalian, gimana cara nya untuk bisa tetap kompetitif dan terdepan di pasar yang ramai akan persaingan.

Cara Tetap Kompetitif / Menjadi Terdepan

1. Indentifikasi Keunikan Bisnis Kalian

Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah mencari keunikan yang ada di bisnis kalian yang berbeda dengan kompetitor lain. Mungkin dari cita rasa makanan yang khas, menu makanan yang unik, penyajian makanan yang mengesankan atau keunikan yang lain. Dengan kalian menemukan keunikan yang ada di bisnis kalian, kalian bisa mempromosikannya agar dapat diketuahui oleh banyak orang. 

Misal kalian berbisnis makanan roti, nah kebetulan di bisnis kalian menggunakan kemasan makanan yang lucu dan unik, nah itulah yang bisa menjadi salah satu keunikan yang ada di bisnis kalian. Kalian bisa mengenalkan dan mempromosikannya di medsos atau dengan teknik promosi yang lain.

2. Mengetahui Pasar dan Pelanggan

Hal selanjutnya yang bisa kalian lakukan adalah mengetahui / mengenali target pasar kalian, ketahui apa yang pelanggan kalian inginkan. Ketahui kebiasaan makan dan preferensi mereka, sehingga kalian dapat menyajikan menu yang sesuai dengan selera pelanggan. Kalian bisa melakukan riset terlebih dahulu untuk bisa mengenali pelanggan kalian dengan baik.

Karena tidak semua pelanggan akan suka dengan satu jenis menu/makanan yang ada di bisnis kalian, dengan kalian mengetahui target pasar kalian, kalian bisa menyediakan makanan yang disukai atau sesuai dengan pelanggan kalian.

3. Terus Berinovasi

Nah ini adalah hal yang nggak boleh kalian lewati ya sob, yaitu selalu mencoba hal-hal baru dan inovatif di bisnis makanan kalian, seperti menciptakan menu baru, menambahkan pilihan makanan yang sehat, atau memperkenalkan teknologi baru untuk pemesanan dan pengiriman makanan. Dengan kalian berinovasi kalian akan memiliki peluang yang besar untuk bisa tetap kompetitif di pasar yang ramai akan persaingan.

Misal kalian bisa berinovasi dalam meningkatkan pelayanan khususnya pada perkasiran, yang nantinya bisa memudahkan kasir dan pelanggan kalian. Salah satu contohnya kalian bisa menggunakan Software atau aplikasi Point Of Sale, yaitu sistem perangkat lunak dan perangkat keras yang digunakan dalam bisnis untuk memproses transaksi penjualan. Sistem POS terdiri dari scanner barcode, komputer kasir, printer, dan perangkat keras lainnya. Software POS memungkinkan bisnis untuk mengelola inventaris, memproses pembayaran, dan melacak penjualan secara real-time.

4. Perhatikan Kualitas Makanan/Minuman

Pastikan makanan dan minuman yang disajikan berkualitas tinggi dan terjaga kebersihannya. Kualitas makanan dan minuman merupakan faktor penting yang akan membuat pelanggan kembali lagi. Dengan kalian memberikan kualitas yang baik, maka pelanggan akan memiliki persepsi yang baik terhadap bisnis kalian.

Gunakanlah bahan yang berkualitas dan terjaga nutrisi serta kebersihannya, sehingga bukan hanya sekedar menyediakan makanan yang enak, tapi juga menyediakan makanan yang sehat.

5. Lakukan Promosi pada Bisnis Kalian

Hal terakhir yang bisa kalian lakukan adalah melakukan promosi secara kreatif dan terus-menerus. Bekerjasama dengan influencer atau blogger untuk merekomendasikan bisnis kalian, atau memberikan diskon dan hadiah untuk pelanggan setia. Dalam melakukan promosi pada bisnis makanan kalian, kalian juga bisa memanfaatkan medsos yang ada, kenapa medsos? karena dengan menggunakan medsos, bisnis kalian akan mudah untuk dikenali oleh banyak orang, bahkan sampai ke mancanegara.


Kesimpulan

Memang banyak hal yang harus dilakukan untuk bisa tetap kompetitif di pasar yang ramai akan persaingan, hal terpenting yang harus ditanamkan dalam diri seorang pebisnis adalah tetap semangat dan konsisten dalam mengembangkan bisnis mereka, apalagi bisnis makanan yang memang sudah banyak persaingan.

Oh ya, selain itu ketika kalian berbisnis, kalian harus mampu mengelola bisnis kalian dengan baik dan benar. Dan salah satu caranya adalah kalian bisa mencoba platform atau aplikasi yang bisa membantu kalian untuk mengatur bisnis kalian, semisal Point Of Sale seperti KasirPro.

Jadi KasirPro adalah aplikasi layanan kasir digital yang bakalan bantu kalian sama yang namanya, perkasiranpencatatan atau pembukuan, dan laporan penjualan.

So, sampai di sini dulu artikel kali ini, terimakasih buat kalian yang udah baca sampai selesai, jangan lupa untuk lihat dan baca artikel artikel kami lainnya. Share juga postingan atau artikel ini supaya makin bermanfaat untuk orang lain.

Bersama KasirPro Ayo Jadi Lebih Pro!

Komentar