Ini dia! 6 Cara Meningkatkan Brand Awareness Bisnis UMKM Melalui Media Sosial!


Media sosial adalah platform yang sangat efektif untuk memperkenalkan bisnis ke khalayak yang lebih luas dan meningkatkan brand awareness. Sebagai pengusaha UMKM, membangun brand awareness yang kuat adalah hal yang penting untuk mendapatkan perhatian pelanggan potensial dan meningkatkan penjualan.

Lantas bagaimana caranya untuk meningkatkan Brand Awarness Bisnis UMKM melalui media sosial? Di artikel ini kita bakalan belajar tentnag 7 cara meningkatkan brand awareness bisnis UMKM melalui media sosial. Jadi pastikan kalian baca sampai selesai ya sob, supaya nggak ketinggalan informasi-informasi penting di artikel ini.

Apa itu Brand Awwarness?

Brand awareness adalah seberapa banyak orang mengenal atau mengenali merek atau produk tertentu. Bayangkan ini seperti orang-orang yang mengenal kamu, jika kamu memiliki banyak teman atau kenalan, mereka akan lebih mungkin untuk memilih untuk menghabiskan waktu bersama kamu seperti bermain, jalan-jalan dan lain-lain.

Begitu juga dengan merek, semakin banyak orang yang mengenal atau familiar dengan merek kalian, semakin mungkin mereka akan memilih merek kelian ketika membeli produk atau layanan. Hal ini sangat penting bagi bisnis untuk membangun kesetiaan pelanggan dan meningkatkan penjualan.

Cara Meningkatkan Brand Awarness

Ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk meningkatkan brand awarness bisnis kalian, cara-cara itu sebagai berikut :

1. Identifikasi Target Market Kalian

Untuk meningkatkan brand awareness bisnis UMKM melalui media sosial, bisa dimulai dengan mengidentifikasi target market kalian. kalian harus tahu siapa pelanggan kalian dan apa yang mereka cari dalam bisnis kalian. Dengan memahami target market kalian dengan baik, maka kalian dapat membuat konten yang relevan dan menarik bagi mereka. Ini akan membantu meningkatkan engagement dan menciptakan kesadaran merek yang lebih kuat di antara target market kalian.

2. Gunakan Strategi Konten yang Tepat

Konten adalah elemen terpenting dalam membangun brand awareness yang kuat di media sosial. Konten yang menarik dan bermanfaat akan memperkuat brand kalian dan membantu menarik perhatian pelanggan potensial. Kalian dapat menggunakan berbagai jenis konten seperti gambar, video, posting blog, dan banyak lagi. Pastikan konten yang dibuat berkualitas dan relevan dengan target market kalian ya sob. Jangan lupa untuk memasukkan logo atau tagline bisnis kalian di setiap konten yang diposting, untuk meningkatkan kesadaran merek kalian.

3. Gunakan Visual yang Menarik

Visual adalah elemen penting dalam menarik perhatian pengguna media sosial. Pastikan setiap konten yang kalian buat memiliki visual yang menarik dan berkualitas baik. Gunakan foto yang berkualitas, grafik atau ilustrasi untuk menampilkan pesan merek kalian secara visual. Jangan lupa untuk menambahkan logo atau elemen branding lainnya di setiap visual yang kalian gunakan. Ini akan membantu meningkatkan kesadaran merek dan membuat merek kalian lebih mudah dikenali.

Selain itu pastikan ketika kalian membuat konten, konten tersebut mudah untuk dicerna dan di pahami oleh khalayak ya sob, misal ketika kita membuat video tutorial dan memberikan subtitle di videonya, pastikan subtitle tersebut bisa mudah dibaca dan menggunakan bahasa yang baik, sehingga bagi mereka yang ingin membaca subtitlenya bisa dengan mudah.

4. Gunakan Hashtag

Hashtag adalah cara yang efektif untuk menjangkau khalayak yang lebih luas dan meningkatkan brand awareness. Gunakan hashtag yang relevan dengan konten yang kalian buat dan juga dengan bisnis kalian. Hashtag juga membantu pengguna media sosial menemukan konten yang relevan dengan topik yang mereka cari. Selain itu, buatlah hashtag unik yang berkaitan dengan bisnis kalian agar brand kalian semakin dikenal oleh pengguna media sosial. Kalian bisa meriset hastag apa saja yang cocok untuk kalian gunakan pada kontent kalian.

5. Buat Konten Video

Video adalah jenis konten yang paling populer di media sosial. Video memiliki daya tarik visual yang lebih besar dibandingkan dengan teks atau gambar. Buatlah konten video yang informatif dan menarik bagi target market kalian. Video juga dapat membantu meningkatkan engagement dan membantu brand kalian menonjol di antara pesaing kalian.

Selain itu pastikan kalian juga memperhatikan kualitas video yang akan kalian upload ya sob, percuma saja jika videonya bagus tapi kualitasnya kurang bagus. Pastikan kalian mengupload video dengan kualitas yang baik.

6. Gunakan Influencer Marketing

Influencer marketing adalah cara yang efektif untuk memperluas jangkauan brand kalian di media sosial. Pilihlah influencer yang sesuai dengan target market kalian. Influencer memiliki pengaruh yang besar di kalangan pengikut mereka. Jika mereka merekomendasikan atau mempromosikan produk atau layanan bisnis kalian, itu dapat meningkatkan kepercayaan konsumen pada merek kalian.


Kesimpulan

Selain dari cara-cara di atas kita juga harus tetap semangat dan berfikir pofitif dalam berbisnis ya sob, apalagi untuk meningkatkan brand awarness itu merupakan hal yang penting. Jadi jangan sampai hanya karena 1 rintangan kecil saja, membuat kita langsung menyerah dan patah semangat. Dalam berbinis kita harus terus sabar dan gigih untuk bisa mengembangkan bisnis yang kita miliki. 

Oh ya, selain itu ketika kalian berbisnis, kalian harus mampu mengelola bisnis kalian dengan baik dan benar. Dan salah satu caranya adalah kalian bisa mencoba platform atau aplikasi yang bisa membantu kalian untuk mengatur bisnis kalian, semisal Point Of Sale seperti KasirPro.

Jadi KasirPro adalah aplikasi layanan kasir digital yang bakalan bantu kalian sama yang namanya, perkasiranpencatatan atau pembukuan, dan laporan penjualan.

So, sampai di sini dulu artikel kali ini, terimakasih buat kalian yang udah baca sampai selesai, jangan lupa untuk lihat dan baca artikel artikel kami lainnya. Share juga postingan atau artikel ini supaya makin bermanfaat untuk orang lain.
Bersama KasirPro Ayo Jadi Lebih Pro!

Comments