Ini Nih Caranya Memilih Bisnis UMKM yang Cocok Buat Kamu!


Bisnis UMKM atau Usaha Mikro Kecil dan Menengah adalah jenis bisnis yang memiliki skala kecil dan menengah. Bisnis ini sangat penting bagi perekonomian negara karena mampu menggerakkan roda perekonomian dengan menyerap tenaga kerja dan menciptakan lapangan pekerjaan baru. Sudah banyak juga pelaku UMKM yang bergerak di berbagai macam bidang, mulai dari makanan, minuman, pakaian, kerajinan tangan, kesehatan dan masih banyak lagi

Oleh karena itu tidak menutup kemungkinan bagi kita untuk mencoba membangun dan memiliki UMKM sendiri sob, namun, tidak semua jenis bisnis UMKM akan cocok untuk kalian jalankan. Kalian harus mempertimbangkan berbagai faktor agar bisa sukses dan berkembang. Di artikel kali ini aku bakalan kasih tahu ke kalian tentang tips memilih bisnis UMKM yang cocok buat kalian, jadi pastikan kalian baca sampai selesai ya sob!

Tips Memilih Bisnis UMKM yang Cocok

Dalam memilih bisnis UMKM, kita tidak boleh tergesa-gesa dan asal-asalan ya sob, kita harus bisa memilih bisnis UMKM yang cocok dengan kita, cocok dengan keahlian dan bahkan minat yang kita miliki. Dan berikut tips memilih bisnis UMKM yang bisa kalian coba :

1. Temukan Passion Kalian

Memilih bisnis UMKM yang tepat dimulai dengan menemukan passion kalian. Cari tahu bidang yang kalian sukai dan kuasai. Jangan hanya mencari bisnis yang menguntungkan, tetapi juga yang membuat kalian merasa senang saat menjalankannya. Dengan menemukan passion, kalian akan lebih mudah dan senang dalam menjalankan bisnis UMKM.

Coba bayangkan sob, ketika kalian berbisnis namun tidak membuat kalian senang, pastinya bisnis tidak akan berjalan dengan maksimal, dan nantinya keuntungan yang kalian dapatkan pun tidak akan maksimal. Jadi pastikan kalian menemukan passion kalian ya sob!

2. Pelajari Pasar dan Tren Terkini

Pilihlah jenis bisnis UMKM yang sesuai dengan pasar dan tren terkini. Lakukan riset pasar untuk mengetahui kebutuhan dan permintaan konsumen saat ini. Dengan memahami pasar dan tren, kalian bisa memilih jenis bisnis UMKM yang potensial dan memiliki peluang besar untuk berkembang. Hal ini sangat penting agar bisnis yang kalian jalankan memiliki prospek yang baik dan mampu bertahan dalam jangka panjang.

3. Pertimbangkan Modal dan Skala Bisnis

Pertimbangkan modal yang diperlukan untuk memulai bisnis UMKM dan skala bisnis yang kalian inginkan. Bisnis UMKM memerlukan modal yang relatif kecil dibandingkan dengan bisnis besar. Pilihlah jenis bisnis UMKM yang sesuai dengan modal dan skala bisnis kalian. Cari tahu berapa modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis, beserta sumber pembiayaan yang dapat kalian akses.

Dan pastikan juga kalian memiliki rencana bisnis yang matang untuk memastikan kelangsungan bisnis kalian. Dengan kalian memilih bisnis UMKM yang sesuai dengan modal yang kalian miliki, maka kalian akan lebih nyaman dalam berbisnis.

4. Pertimbangkan Persaingan di Pasar

Jangan lupa untuk mempertimbangkan persaingan di pasar ya sob. Pastikan kalian memilih jenis bisnis UMKM yang memungkinkan kalian untuk bersaing dan memiliki keunggulan yang bisa membedakan bisnis kalian dengan pesaing. Pertimbangkan juga apakah ada celah di pasar yang bisa kalian manfaatkan. Selain itu dengan kalian mengetahui persaingan dan kompetitor yang ada di pasar, kalian nantinya bisa membuat ide dan strategi untuk bisa lebih unggul dan unik dari kompetitor yang lain.

5. Perhatikan Potensi Profitabilitas

Pilihlah jenis bisnis UMKM yang memiliki potensi profitabilitas yang tinggi. Pastikan bisnis yang kalian pilih memiliki margin keuntungan yang cukup besar dan bisa memberikan keuntungan jangka panjang. Nah ini juga tidak boleh kita sepelekan ya sob ketika akan memilih jenis bisnis UMKM. Kita juga harus mempertimbangkan potensi profitabilitas dari bisnis UMKM yang akan kita pilih, jangan hanya sekedar memilih bisnis UMKM yang mudah dan simple untuk dijalankan, tapi perhatikan juga potensi profitabilitas nya.

6. Perhatikan Potensi Pengembangan Bisnis

Pilihlah jenis bisnis UMKM yang memiliki potensi pengembangan bisnis yang luas. Pastikan bisnis yang kalian pilih memiliki peluang untuk berkembang dengan memperluas produk atau layanan yang ditawarkan, atau dengan membuka cabang di tempat lain. Dalam berbisnis kita juga harus memiliki strategi untuk mengembangkan bisnis yang kita miliki sob, agar nantinya kita bisa memiliki keuntungan yang lebih tinggi.


Kesimpulan

Selain dari tips-tips di atas, kita juga harus tetap semangat dan berfikir pofitif dalam berbisnis, jangan sampai hanya karena 1 rintangan kecil saja, membuat kita langsung menyerah dan patah semangat. Dalam berbinis kita harus terus sabar dan gigih untuk bisa mengembangkan bisnis yang kita miliki.

Oh ya, selain itu ketika kalian berbisnis, kalian harus mampu mengelola bisnis kalian dengan baik dan benar. Dan salah satu caranya adalah kalian bisa mencoba platform atau aplikasi yang bisa membantu kalian untuk mengatur bisnis kalian, semisal Point Of Sale seperti KasirPro.

Jadi KasirPro adalah aplikasi layanan kasir digital yang bakalan bantu kalian sama yang namanya, perkasiranpencatatan atau pembukuan, dan laporan penjualan.

So, sampai di sini dulu artikel kali ini, terimakasih buat kalian yang udah baca sampai selesai, jangan lupa untuk lihat dan baca artikel artikel kami lainnya. Share juga postingan atau artikel ini supaya makin bermanfaat untuk orang lain.
Bersama KasirPro Ayo Jadi Lebih Pro!

Komentar