7 Strategi Ampuh Pemasaran Bisnis Makanan di Sosmed


Untuk menjadikan bisnis kita kita semakin mudah dikenal banyak orang, kita harus giat untuk melakukan pemasaran pada bisnis makanan yang kita miliki. Mulai dari menyebar brosur, memasang pamflet dan bahkan sampai memanfaatkan sosial media yang ada.

Kenapa Sosial Media, karena dengan kita melakukan pemasaran di sosmed, kita akan lebih mudah untuk mengenalkan bisnis makanan kita kepada khalayak, karena banyak sosial media yang penggunanya sudah banyak. Apalagi di zaman sekarang ini, sosmed sudah menjadi tempat yang mudah untuk berinteraksi dengan orang lain.

Lantas bagaimana agar kita bisa memasarkan bisnis makanan kita di sosmed? Nah, di artikel kali ini aku bakalan kasih tahu ke kalian, strategi untuk memasarkan bisnis makanan kita di sosmed, jadi pastikan kalian baca sampai selesai ya sob!

Strategi Pemasaran Bisnis Makanan di Sosmed

Nah kalian pernah gak sih sob, bingung gimana strategi pemasaran yang tepat untuk bisa menjadikan bisnis makanan yang kita miliki bisa berkembang, berikut strategi yang bisa kalian coba :

1. Buat Konten yang Menarik

Konten yang menarik dapat membantu menarik perhatian pengguna media sosial dan meningkatkan engagement. Apalagi konten yang kita buat dapat memberikan manfaat baik yang bisa langsung dipraktekkan oleh audien. Misalnya, kalian dapat memposting gambar makanan yang menarik, mengunggah video cara membuat makanan tertentu, atau memberikan tips dan trik memasak.

Dengan kalian membuat konten yang menarik, kalian akan mendapatkan peluang yang besar untuk bisa mendapatkan banyak penonton. Dan tidak menutup kemungkinan bagi audien untuk mencari tahu tentang bisnis yang kalian miliki.

2. Gunakan Influencer

Kalian bisa bekerja sama dengan influencer dapat membantu meningkatkan visibilitas bisnis makanan kalian di media sosial. Misalnya, kalian dapat meminta influencer untuk mencoba dan merekomendasikan menu dari bisnis makanan kalian. Dengan kita berkolaborasi/bekerja sama dengan influencer, kita bisa mendapatkan peluang yang besar untuk bisa mendapatkan perhatian dari penonton.

Apalagi influencer tersebut adalah influencer yang terkenal dan berpengaruh di kalangan penonton, mungkin karena kontennya yang asik dan bermanfaat atau yang lain. Dengan begitu kita bisa mempunyai peluang untuk mendatangkan calon pelanggan ke bisnis makanan kita.

3. Gunakan Hashtag

Menggunakan hashtag dapat membantu orang menemukan konten kalian di media sosial. Pastikan untuk menggunakan hashtag yang relevan dengan bisnis makanan kalian, seperti #kuliner, #makananlezat, atau #restoran. Nah kalian bisa riset terlebih dahulu ya sob, jangan asal-asalan dalam memberikan hastag.

Carilah hastag yang sesuai dengan konten yang kalian buat, misal ketika kalian membuat konten memasak ala ibu-ibu rumahan, carilah hastag yang bisa mewakili konten tersebut seperti #masakanrumahan atau hastag yang lain.

4. Beriklan di Media Sosial

Beriklan di media sosial dapat membantu meningkatkan visibilitas bisnis makanan kalian dan menjangkau khalayak yang lebih luas. Misalnya, kalian dapat membuat iklan Facebook atau Instagram untuk mempromosikan menu baru atau promo khusus. Apalagi buat kalian yang memiliki banyak anggaran untuk melakukan pemasaran, kalian bisa untuk memasang iklan di sosmed sob!

5. Berinteraksi dengan Pelanggan

Berinteraksi dengan pelanggan di media sosial dapat membantu membangun hubungan yang kuat dan meningkatkan loyalitas pelanggan. Pastikan untuk membalas komentar dan pesan yang diterima dari pengguna media sosial. Dengan kalian membalas komentar atau pesan pengguna yang mungkin penasaran dengan bisnis kalian, maka pengguna akan merasa senang karena mereka direspon dengan baik.

Dan itu tidak menutup kemungkinan untuk menjadikan pengguna tersebut untuk datang atau berbelanja di bisnis makana kalian. Jadi jangan sampai cuek sama pengguna ya sob, pastikan kalian tetap ramah baik itu di sosial media atau di tempat bisnis kalian.

6. Gunakan Gambar yang Berkualitas

Gambar yang berkualitas dapat membantu membuat konten kalian lebih menarik dan memikat. Pastikan untuk mengambil foto makanan yang terlihat lezat dan menarik perhatian pengguna media sosial. Nah kalian bisa belajar tentang gimana caranya untuk memotret makanan/minuman yang kita jual yang menarik perhatian.

Atau kalian juga bisa menggunakan jasa fotografer untuk memotret makanan/minuman yang kalian jual. Gambar yang bagus itu penting ya sob, agar nantinya pengguna sosmed bisa tertarik dan terkesan dengan makanan/minuman yang kalian jual.

7. Promosikan Cerita Bisnis Kalian

Menceritakan kisah di balik bisnis makanan kalian dapat membantu membuat brand kalian lebih menarik dan memikat bagi pengguna media sosial. Misalnya, kalian dapat berbagi cerita tentang bagaimana bisnis kalian dimulai atau tentang bahan-bahan lokal yang kalian gunakan untuk membuat makanan kalian.

Kesimpulan

Dengan menerapkan strategi pemasaran yang tepat di media sosial, bisnis makanan kalian dapat meningkatkan visibilitas, menjangkau khalayak yang lebih luas, dan membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan.

Oh ya, selain itu ketika kalian berbisnis, kalian harus mampu mengelola bisnis kalian dengan baik dan benar. Dan salah satu caranya adalah kalian bisa mencoba platform atau aplikasi yang bisa membantu kalian untuk mengatur bisnis kalian, semisal Point Of Sale seperti KasirPro.

Jadi KasirPro adalah aplikasi layanan kasir digital yang bakalan bantu kalian sama yang namanya, perkasiranpencatatan atau pembukuan, dan laporan penjualan.

So, sampai di sini dulu artikel kali ini, terimakasih buat kalian yang udah baca sampai selesai, jangan lupa untuk lihat dan baca artikel artikel kami lainnya. Share juga postingan atau artikel ini supaya makin bermanfaat untuk orang lain.
Bersama KasirPro Ayo Jadi Lebih Pro!

Komentar