8 Tips Jualan Takjil di Bulan Ramadhan!


Takjil merupakan makanan atau minuman ringan yang biasanya dikonsumsi saat berbuka puasa di bulan Ramadhan. Selain menjadi sarana untuk memenuhi kebutuhan nutrisi setelah berpuasa, takjil juga menjadi salah satu tradisi yang dijalankan umat Islam dalam beribadah di bulan Ramadhan. 

Oleh karena itu, bisnis takjil menjadi salah satu bisnis yang menguntungkan di bulan Ramadhan. Namun, untuk bisa sukses dalam bisnis takjil di bulan Ramadhan, ada beberapa tips yang harus diperhatikan. Artikel ini akan membahas tentang 8 tips jualan takjil yang menguntungkan di bulan Ramadhan yang bisa membantu kalian memulai dan mengembangkan bisnis takjil kalian .

8 Tips Jualan Takjil di Bulan Ramadhan

Dalam berjualan takjil di bulan suci Ramadhan, kita tidak boleh asal-asalan ya sob dalam berjualan, ada beberapa tips yang bisa di lakukan, yaitu :

1. Menciptakan cita rasa yang unik

Banyak penjual takjil yang menawarkan produk yang sama di pasaran. Oleh karena itu, menciptakan cita rasa yang unik dapat membedakan produk kalian dengan penjual lainnya. Kalian dapat menciptakan takjil dengan bahan-bahan yang jarang digunakan atau memberikan sedikit sentuhan rasa pada takjil tradisional.

Kita harus sekreatif mungkin ya sob dalam membuat keunikan pada produk yang kita jual. Apalagi ketika kita berjualan di pasar atau tempat yang ramai akan penjual takjil lain, karena akan banyak takjil yang dijual dengan keunikan yang beraneka ragam.

2. Memperluas jaringan penjualan

Memperluas jaringan penjualan takjil dapat meningkatkan omzet penjualan. Kalian dapat menjual takjil di toko-toko, dekat perumahan, pasar khusus di bulan Ramadhan, dan lain-lain. Selain itu, kalian juga bisa menjual takjil kalian lewat whatsapp atau media sosial yang lain.

Jadi agar nantinya takjil yang kita jual bisa laris, kita juga harus memperhatikan tempat kita berjualan. Pastikan di tempat itu ramai akan pengunjung atau mudah dan sering diakses oleh banyak orang.

3. Menentukan harga yang tepat

Menentukan harga yang tepat adalah hal yang sangat penting dalam bisnis takjil. Kalian harus mengetahui harga pasar dan menentukan harga yang terjangkau bagi konsumen, namun tetap menguntungkan bagi bisnis kalian .

Jangan sampai kalian memberikan harga yang terlalu tinggi ya sob, karena akan membuat calon pembeli merasa enggan untuk membeli takjil yang kalian jual. Dan juga jangan memasang harga yang terlalu murah juga sob, karena dikhawatirkan pelanggan akan curiga dengan takjil yang kalian jual, karena harganya terlalu murah dari penjual yang lain.

4. Meningkatkan kualitas produk

Kualitas produk menjadi hal yang sangat penting dalam mempertahankan konsumen. Kalian harus memperhatikan bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan takjil serta kualitas penyajian produk. Pastikan bahan-bahan yang kalian gunakan adalah bahan-bahan yang baik, sehat dan bersih ya sob, selain itu jika kalian menggunakan kemasan pada takjil kalian, pastikan kalian juga memperhatikan kualitas dan kebersihan kemasan tersebut.

5. Menyediakan produk yang sehat

Di bulan Ramadhan, banyak orang yang berpuasa dan memperhatikan asupan makanannya. Oleh karena itu, menyediakan takjil yang sehat dapat meningkatkan minat konsumen. Kalian dapat menggunakan bahan-bahan yang sehat dan mengurangi penggunaan gula atau bahan pengawet. Karena agar kesehatan tubuh tetap terjaga saat berpuasa di bulan Ramadhan, penting untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan berkualitas. Jadi jangan lewatkan tips yang satu ini ya sob.

6. Menjaga kebersihan dan keamanan produk

Kebersihan dan keamanan produk menjadi hal yang sangat penting dalam bisnis takjil. Kalian harus memastikan takjil yang dijual dalam kondisi bersih dan aman untuk dikonsumsi. Misal kalian berjualan es buah, pastikan bahan-bahan yang digunakan bersih dan baik, dan kemasan yang digunakan pun tidak mudah rusak, bersih, dan berkualitas. Yang di mana nantinya pelanggan kalian akan merasa puas dan senang dengan takjil yang kalian jual, sehingga tidak menutup kemungkinan bagi pelanggan untuk kembali membeli takjil kalian di hari-hari berikutnya.

Selain itu perhatikan juga kebersihan tempat kalian jualan, karena itu bisa saja mempengaruhi kualitas produk yang kalian jual. Hindari jualan di tempat yang jorok atau kotor ya sob, agar nantinya pelanggan kalian tidak enggan untuk membeli takjil kalian.

7. Memberikan promo atau diskon khusus

Memberikan promo atau diskon khusus dapat menarik minat konsumen. Kalian dapat memberikan diskon pada pembelian dalam jumlah tertentu atau memberikan promo bagi pembelian produk pada hari-hari tertentu. Ini merupakan salah satu strategi yang bisa kalian coba sob. Berilah promo atau diskon yang dapat menarik perhatian dan minat orang-orang, namun tetap pada batas yang wajar.

8. Meningkatkan branding

Meningkatkan branding dapat memperkenalkan produk kalian ke lebih banyak orang. Kalian dapat menggunakan media sosial untuk mengenalkan produk yang kalian jual, sehingga nantinya kalian akan berpeluang untuk mendapatkan banyak keuntungan.

Kalian bisa menggunakan media sosial yang ada, mulai dari WhatsApp, Instagram, Telegram atau media sosial yang lain untuk menarik perhatian dan minat khalayak umum. Kalian bisa memposting foto takjil yang kalian jual di media sosial, atau membuat video-video yang menarik.


Kesimpulan

Nah yang terpenting kita juga harus tetap semangat dan berfikir pofitif dalam berbisnis ya sob, jangan sampai hanya karena 1 rintangan kecil saja, membuat kita langsung menyerah dan patah semangat. Dalam berbinis kita harus terus sabar dan gigih untuk bisa mengembangkan bisnis yang kita miliki.

Oh ya, selain itu ketika kalian berbisnis, kalian harus mampu mengelola bisnis kalian dengan baik dan benar. Dan salah satu caranya adalah kalian bisa mencoba platform atau aplikasi yang bisa membantu kalian untuk mengatur bisnis kalian, semisal Point Of Sale seperti KasirPro.

Jadi KasirPro adalah aplikasi layanan kasir digital yang bakalan bantu kalian sama yang namanya, perkasiranpencatatan atau pembukuan, dan laporan penjualan.

So, sampai di sini dulu artikel kali ini, terimakasih buat kalian yang udah baca sampai selesai, jangan lupa untuk lihat dan baca artikel - artikel kami lainnya. Share juga postingan atau artikel ini supaya makin bermanfaat untuk orang lain.
Bersama KasirPro Ayo Jadi Lebih Pro!

Komentar