Ini nih 6 Tips Ngatur Keuangan di Bulan Ramadan!


Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh keberkahan, di mana umat muslim di seluruh dunia berpuasa dan melakukan ibadah dengan lebih intens. Selama bulan suci ini, tidak hanya ibadah yang harus dipersiapkan, tetapi juga keuangan. Karena sangat penting untuk mengatur keuangan di bulan Ramadhan. Lantas bagaimana cara mengatur keuangan selama bulan Ramadhan? Berikut adalah beberapa tips yang bisa membantu kalian mengatur keuangan dengan baik selama bulan Ramadhan. Jadi pastikan kalian baca sampai akhir ya sob!

6 Tips Mengatur Keuangan di Bulan Ramadan

Tips-tips untuk mengatur keuangandi bulan ramadan adalah sebagai berikut :

1. Buatlah anggaran untuk pengeluaran selama bulan Ramadhan

Di bulan ramadhan banyak hal yang perlu disiapkan, mulai dari makanan dan minuman untuk berbuka, kebutuhan untuk lebaran, seperti pakaian baru, makanan untuk bulan ramadhan, hadiah dan lain-lain. Kalian bisa menentukan jumlah uang yang akan kaliankeluarkan untuk kebutuhan-kebutuhan tersebut. Dengan membuat anggaran, Kalian akan lebih mudah mengontrol pengeluaran dan menghindari pengeluaran yang tidak diperlukan.

Namun pastikan kalian membuat anggaran dengan bijak ya sob, jangan buat anggaran berdasarkan keinginan kalian, yang barang kali itu tidak kalian butuhkan. Sehingga uang kalian nantinya bisa digunakan pada hal-hal yang memang berguna untuk kalian.

2. Belilah makanan dan minuman dalam jumlah yang tepat.

Pastikan kalian membeli makanan dan minuman dengan porsi atau jumlah yang tepat ya sob, Jangan boros dalam membeli makanan dan minuman yang tidak diperlukan. Cari tahu kebutuhan makanan dan minuman selama bulan Ramadhan agar bisa membelinya dengan tepat. Karena di bulan ramadhan kita harus pintar-pintar dalam menjaga kesehatan kita. Kita harus mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat, agar kita tetap semangat dalam menjalankan ibadah puasa. Jadi belilah makanan dan minuman yang sehat, berkualitas dan dalam jumlah yang tepat ya sob!

3. Manfaatkan promo-promo 

Kalian bisa memanfaatkan promo-promo atau diskon yang menarik pada produk makanan, minuman dan pakaian di toko online atau offline. Ada banyak promo yang ditawarkan selama bulan Ramadhan, sehingga kalian bisa menghemat pengeluaran selama bulan Ramadhan. Sehingga jika kita bisa berhemat, nantinya akan ada sisa uang untuk hal-hal yang mungkin diperlukan lainnya.

Tidak perlu malu ya sob untuk menggunakan promo/diskon, karena tidak ada manfaatnya malu dalam menggunakan promo/diskon. Justru dengan menggunakan promo/diskon itu kita bisa lebih menekan pengeluaran kita dan kita bisa berhemat.

4. Cobalah untuk Memasak Sendiri

Akan lebih baik ketika kita memasak sendiri untuk menghemat pengeluaran di bulan ramadhan dan agar badan kita lebih sehat nantinya. Namun bagaimana jika kita tidak tahu cara memasak dan resep nya? Kalian bisa mencari resep makanan yang sederhana dan mudah dibuat di rumah, dengan bahan-bahan yang simple/yang dimiliki. Selain itu kalian juga bisa memanfaatkan media sosial untuk belajar bagaimana caranya memasak.

Namun bagi kalian yang tidak memiliki waktu yang luang untuk memasak, dan harus membeli makanan di luar, pastikan kalian membeli makanan dan minuman yang sehat, bersih, dan berkualitas ya sob. Sehingga kesehatan tetap terjaga.

5. Hindari membeli barang yang tidak diperlukan.

Fokuslah pada kebutuhan dan prioritas selama bulan Ramadhan, seperti kebutuhan makanan, minuman, dan persiapan lebaran. Belilah barang yang benar-benar diperlukan dan sesuai dengan anggaran yang telah dibuat. Jangan membeli barang-barang yang pada nyatanya tidak kita butuhkan. Dengan kita bijak dalam membeli barang-barang yang dibutuhkan, kita akan bisa lebih hemat.

6. Sisihkan sebagian dari pengeluaran untuk bersedekah atau berzakat.

Ini merupakan amalan yang baik dan dianjurkan selama bulan ramadhan dan bisa membantu meningkatkan keberkahan dan rezeki. Kalian bisa memberikan sedekah kepada orang yang membutuhkan atau organisasi yang terpercaya. Dengan kita bersedekah kita tidak akan menjadi miskin atau kekurangan harta ya sob, justru kita akan mendapatkan balasan dari yang Maha Kuasa yang lebih banyak lagi.

Kesimpulan

Itulah beberapa tips mengatur keuangan selama bulan Ramadhan. Dengan mengikuti tips ini, kalian akan lebih mudah mengontrol pengeluaran dan merayakan lebaran dengan tenang dan bahagia tanpa khawatir dengan keuangan. Semoga tips ini bermanfaat dan membantu kalian mengatur keuangan selama bulan Ramadhan dengan baik. Selamat menjalankan ibadah puasa!

Oh ya sob, buat kalian yang sedang berbisnis, ada satu tips nih sob dalam berbisnis, yaitu kalian harus mampu mengelola bisnis kalian dengan baik dan benar. Dan salah satu caranya adalah kalian bisa mencoba platform atau aplikasi yang bisa membantu kalian untuk mengatur bisnis kalian, semisal Point Of Sale seperti KasirPro.

Jadi KasirPro adalah aplikasi layanan kasir digital yang bakalan bantu kalian sama yang namanya, perkasiranpencatatan atau pembukuan, dan laporan penjualan.

So, sampai di sini dulu artikel kali ini, terimakasih buat kalian yang udah baca sampai selesai, jangan lupa untuk lihat dan baca artikel artikel kami lainnya. Share juga postingan atau artikel ini supaya makin bermanfaat untuk orang lain.
Bersama KasirPro Ayo Jadi Lebih Pro!

Komentar