8 Tips Buat Konten Video yang Efektif dan Menarik Perhatian Penonton


Apakah kalian adalah seseorang yang pengen promosi pake media sosial khususnya buat konten video tapi bingung apa aja yang harus dilakukan? Membuat konten video untuk diupload di media sosial apalagi untuk mempromosikan suatu bisnis atau jasa itu tidak boleh asal-asalan ya sob. Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar konten video yang kalian buat bisa mudah diterima dan menarik bagi penonton.

Nah di artikel kali ini kita bakalan bahas dan belajar bareng tentang apa saja tips untuk membuat konten video yang efektif, yang di mana nantinya agar dapat mudah diterima atau mudah menarik perhatian penonton. Jadi pastikan kalian baca sampai selesai ya sob, supaya kalian nggak ketinggalan informasi-informasi penting di artikel ini.

Tips Membuat Konten Video!

Membuat konten video yang efektif untuk bisnis dapat membantu kalian mempromosikan produk atau layanan kalian, meningkatkan kesadaran merek, dan menarik calon pelanggan. Berikut adalah beberapa tips untuk membuat konten video yang sukses untuk bisnis kalian :

1. Tetapkan tujuan yang jelas

Sebelum kalian mulai membuat video, tentukan tujuan yang ingin kalian capai dengan konten tersebut. Apakah kalian ingin meningkatkan penjualan, memperkenalkan produk baru, atau memberikan edukasi kepada pelanggan? Dengan menetapkan tujuan yang jelas, kalian dapat mengarahkan fokus dan pesan video kalian dengan lebih baik.

Ini merupakan hal yang sangat penting ya sob untuk dilakukan di awal sebelum kalian membuat konten. Ini di maksudkan agar nantinya konten yang kita buat bisa sesuai atau searah dengan tujuan yang sudah dirancang.

2. Kenali audiens kalian 

Ketahui siapa target audiens kalian. Apakah mereka merupakan pengguna aktif media sosial, profesional di bidang tertentu, atau kelompok demografis khusus? Memahami audiens kalian akan membantu kalian menyusun konten yang relevan dan menarik bagi mereka. 

Misal nih sob, audiens kalian adalah anak-anak kecil, jadi pastikan konten yang kalian buat bagus dan membuat anak kecil tersebut semakin tertarik dan penasaran untuk melihat konten-konten video kalian. Hindari menggunakan bahasa atau kata-kata yang sulit dimengerti. Pastikan juga menggunakan gaya penyampaian yang bagus dan ramah.

3. Buat cerita yang menarik

Gunakan elemen narasi yang kuat untuk membangun cerita dalam video kalian. Cerita yang menarik akan membantu menjaga minat penonton dan meningkatkan keterlibatan mereka dengan konten kalian. Jelaskan masalah atau tantangan yang relevan dengan bisnis kalian, tawarkan solusi, dan tunjukkan manfaat yang mereka dapatkan. Karena tidak sedikit pula orang-orang atau audiens yang suka mendengarkan cerita kreator konten.

4. Jaga durasi video tetap singkat

Pendekatan yang efektif dalam video konten adalah dengan menjaga durasinya tetap singkat. Kebanyakan orang memiliki perhatian yang terbatas, jadi usahakan untuk menyampaikan pesan kalian dengan cepat dan efisien. Video pendek dengan durasi antara 1 hingga 3 menit sering kali lebih efektif dalam menjangkau penonton.

Sehingga kalian harus pandai-pandai dalam mengemas informasi di video kalian, pastikan kalian bisa merangkum informasi tersebut dengan efektif dan tidak berbelit, apalagi videonya sampai berdurasi panjang.

5. Gunakan visual yang menarik

Pastikan video kalian memiliki kualitas visual yang baik dan menarik. Gunakan pencahayaan yang tepat, rekam audio dengan jelas, dan gunakan grafis atau animasi yang sesuai untuk meningkatkan daya tarik visual video kalian. Pastikan juga bahwa logo atau merek kalian terlihat dengan jelas dalam video.

Nah kalian harus belajar untuk membuat visual yang bagus untuk video kalian, bisa dari menonton video tutorial di Youtube, membaca artikel di internet atau mengikuti kelas online/bootcamp.

6. Sertakan panggilan tindakan (call-to-action)

Berikan instruksi kepada penonton mengenai tindakan apa yang diharapkan dari mereka setelah menonton video. Apakah kalian ingin mereka mengunjungi situs web kalian, mendaftar newsletter, atau melakukan pembelian? Sertakan panggilan tindakan yang jelas dan tampilkan tautan atau informasi kontak yang relevan.

Ini penting ya sob, misal kalian ingin berjualan maka pastikan kalian mengajak audiens kalian untuk membeli produk kalian dengan kata-kata yang dikemas dengan apik. Gunakanlah juga call to action yang efektif.

7. Promosikan dan bagikan video kalian 

Setelah kalian membuat video, luangkan waktu untuk mempromosikannya dan membagikannya di berbagai saluran online yang relevan. Posting di platform media sosial, mengirimkan video melalui email marketing, atau membagikannya di blog atau situs web kalian dapat membantu meningkatkan jangkauan dan keterlibatan dengan video kalianSama halnya mempromosikan bisnis, konten video yang kita buat pun harus dipromosikan jika kita ingin banyak yang menonton. 

8. Pantau dan analisis kinerja video

Gunakan alat analitik yang tersedia untuk melacak kinerja video kalian. Perhatikan jumlah penonton, tingkat keterlibatan, dan tindakan yang diambil oleh penonton setelah menonton video. Data ini akan membantu kalian memahami apa yang berhasil dan apa yang perlu diperbaiki dalam konten video kalian di masa yang akan datang.

Kesimpulan

Dengan menerapkan tips-tips ini, kalian dapat membuat konten video yang efektif untuk bisnis kalian. Selalu berusaha untuk menyampaikan pesan yang jelas, menarik, dan relevan dengan audiens kalian.

Oh ya sob, ngomong-ngomong buat kalian yang sedang berbisnis, ada satu tips nih sob dalam berbisnis, yaitu kalian harus mampu mengelola bisnis kalian dengan baik dan benar. Dan salah satu caranya adalah kalian bisa mencoba platform atau aplikasi yang bisa membantu kalian untuk mengatur bisnis kalian, semisal Point Of Sale seperti KasirPro.

Jadi KasirPro adalah aplikasi layanan kasir digital yang bakalan bantu kalian sama yang namanya, perkasiranpencatatan atau pembukuan, dan laporan penjualan.

So, sampai di sini dulu artikel kali ini, terimakasih buat kalian yang udah baca sampai selesai, jangan lupa untuk lihat dan baca artikel artikel kami lainnya. Share juga postingan atau artikel ini supaya makin bermanfaat untuk orang lain.

Komentar