7 Hal yang Perlu Diperhatikan Seblum Tambah Cabang!


Buka cabang bisnis adalah langkah besar yang membuka peluang untuk keberhasilan, namun juga memiliki risiko. Sebelum mengambil keputusan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dengan cermat. Dalam artikel ini, kita akan membahas 7 hal yang penting sebelum membuka cabang bisnis. Jadi pastikan kalian baca sampai selesai ya sob.

I. Analisis Pasar dan Persaingan

A. Pemahaman pasar lokal

Sebelum membuka cabang, lakukan analisis pasar untuk memahami kebutuhan dan preferensi konsumen di lokasi baru. Karena biasanya di setiap lokasi memiliki konsumen dengan preferensi nya sendiri. Pahami dengan baik apa ya konsumen butuhkan dan inginkan.

B. Evaluasi pesaing

Pahami siapa pesaing utama kalian di daerah tersebut dan analisis kekuatan serta kelemahan mereka. Sehingga nantinya kalian bisa merancang strategi untuk berbisnis di daerah tersebut. Tapi ingat ya sob, pastikan persaingan yang dilakukan tetap sehat.


II. Legalitas dan Perizinan

A. Cek regulasi setempat

Pastikan kalian memahami semua regulasi dan aturan yang berlaku di wilayah tersebut untuk menghindari masalah hukum. Beritahu juga karyawan-karyawan lain agar mereka paham tentang regulasi di tempat tersebut.

B. Perolehan perizinan

Pastikan semua perizinan yang diperlukan telah diperoleh sebelum membuka cabang, termasuk ijin usaha dan izin bangunan. Ini penting ya sob, jadi pastikan kalian mengurusnya dengan baik ketika ingin buka cabang.


III. Kelayakan Keuangan

A. Perencanaan anggaran

Buatlah proyeksi keuangan yang realistis dan perencanaan anggaran yang mencakup biaya operasional dan investasi awal. Ini berguna juga sebagai bagian untuk membuat strategi dalam berbisnis.

B. Evaluasi kesehatan keuangan

Pastikan bisnis kalian memiliki kesehatan keuangan yang cukup untuk mendukung pembukaan cabang baru. Analisislah keuangan kalian, bukan hanya keuangan pada bisnis yang sudah ada, namun juga nantinya ketika sudah memiliki cabang baru.


IV. Sumber Daya Manusia

A. Rekrutmen dan pelatihan

Pastikan kalian memiliki rencana rekrutmen dan pelatihan yang solid untuk staf baru di cabang tersebut. Buatlah karyawan kalian juga senang bekerja di cabang baru tersebut, berikan merekan pelatihan yang berguna untuk menunjang kinerja mereka di cabang baru tersebut.

B. Pengelolaan tim

Atur struktur manajemen yang efisien untuk memastikan koordinasi yang baik antar tim di cabang baru. Selain itu ingatkan karyawan kalian untuk selalu menjaga komunikasi dengan baik.


V. Teknologi dan Sistem Informasi

A. Sistem teknologi informasi

Pastikan sistem teknologi informasi kalian dapat diintegrasikan dengan mudah di cabang baru. Teknologi sekarang ini penting, karena dengan memanfaatkan teknologi dengan baik, tidak menutup kemungkinan suatu bisnis bisa lebih berkembang.

B. Keamanan data

Prioritaskan keamanan data pelanggan dan bisnis untuk menghindari risiko kebocoran atau pelanggaran privasi. Pastikan kalian memiliki sistem keamanan yang baik ya sob, karena dara-data ini berharga.


VI. Pemasaran dan Branding

A. Strategi pemasaran lokal

Buatlah strategi pemasaran yang disesuaikan dengan karakteristik pasar lokal di area cabang. Selain itu jika kalian ingin memasarkan bisnis kalian dengan lebih efisien, kalian bisa memasarkannya dengan menggunakan media sosial. Buat konten yang bermanfaat dan menarik perhatian calon konsumen.

B. Penguatan merek

Pastikan brand kalian dikenal di wilayah tersebut melalui promosi yang efektif. Inilah mengapa promosi penting bagi suatu bisnis. Jadi promosikan bisnis kalian sekreatif mungkin.


VII. Evaluasi Fisik Lokasi

A. Kondisi properti

Periksa dengan cermat kondisi fisik properti di mana cabang akan dibuka, termasuk aspek keamanan dan fasilitas. Periksa apakah properti tersebut bisa kalian gunakan untuk menunjang kinerja bisnis kalian.

B. Aksesibilitas

Pastikan cabang mudah diakses oleh pelanggan dan memiliki fasilitas parkir yang memadai. Biasanya ketika tempat bisnis susah diakses oleh calon konsumen, mereka akan ragu-ragu atau merasa enggan. Jadi pertimbangakan aspek ini dengan baik ya sob.


Kesimpulan

Membuka cabang bisnis adalah keputusan penting yang memerlukan persiapan matang. Dengan memperhatikan delapan hal di atas, kalian dapat meningkatkan peluang kesuksesan dan meminimalkan risiko. Jadi, lakukan riset menyeluruh dan rencanakan dengan baik sebelum membuka cabang baru untuk bisnis kalian.

Oh ya sob, ngomong-ngomong buat kalian yang sedang berbisnis, KasirPro siap membantu kalian dalam berbisis. Jadi KasirPro adalah aplikasi layanan kasir digital yang bakalan bantu kalian sama yang namanya, perkasiranpencatatan atau pembukuan, dan laporan penjualan.

So, sampai di sini dulu artikel kali ini, terimakasih buat kalian yang udah baca sampai selesai, jangan lupa untuk lihat dan baca artikel artikel kami lainnya. Share juga postingan atau artikel ini supaya makin bermanfaat untuk orang lain.

Bersama KasirPro Ayo Jadi Lebih Pro!

Komentar