Apa Itu Bisnis Trhifting? dan Tips Memulainya?


Sudah tidak dapat dipungkiri lagi bahwa bisnis trhifting sudah semakin menyebar di berbagai kota di Indonesia. Dikarenakan minat kalangan muda saat ini untuk memburu pakaian bermerek dengan harga yang murah. Oleh karena itu tidak ada salahnya untuk mencoba membuka usaha trifting ini.

Tapi, sebelum kita bahas tentang tips memulai bisnis yang satu ini, kita harus tahu dulu apa itu bisnis trhifting, dan di artikel ini kalian akan mendapatkan informasi tentang apa itu bisnis trhifting dan tips memulainya. Jadi pastikan kalian baca sampai akhir ya sob!

Apa Sih Thrifting Itu?

Jadi di kutip dari situs finance.detik.com, dilansir dari Shopify, Trhifting adalah sebuah proses menuual barang barang bekas pakai, seperti pakaian, aksesoris, sepatu dan barang - barang antik lainnya kepada orang lain. Namun harus dilakukan proses sortir lagi, agar nantinya ketika ada kualitas yang kurang baik, maka terpaksa tidak dijual.

Dan tidak sedikit juga yang suka dengan barang - barang trifting ini, khususnya kalangan anak muda. Walapun pakaian yang dijual merupakan pakaian bekas dan terkadang bisa saja menemukan beberapa kerusakan kecil, tetapi hal - hal tersebut dapt di atasi dengan mencari baju atau pakainnya dengan lebih teliti.

Apalagi dengan perkembangan zaman yang semakin maju, sudah banyak pelaku usaha ini yang menjual barang - barang Thriftingnya secara online di marketplace yang ada. Sehingga mereka bisa berjulan lebih efektif, karena tidak perlu menyewa tempat atau bahkan membeli tempat untuk menempatkan barang - barang dagangan mereka.

Dengan begitu para pembeli pun juga merasa lebih mudah dalam membeli barang - barang yang mereka inginkan, mereka cukup melihat foto - foto atau katalog yang disediakan penjual di online marketplace atau di medsos, dan tidak perlu datang langsung ke toko.

Apa Tips Memulainya?

Sebelum memulai membuka usaha trhifting ini, alangkah baiknya kalian menyiapkan terlebih dahulu modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha ini. Banyaknya modal tergantung dengan pakaian apa yang akan kalian jual, bermerek atau tidak, dan juga tergantung bagimana cara kalian akan menjualnya, online atau offline?

Ketika kalian menjualnya secara offline, maka kalian membutuhkan ruko atau tempat untuk menjualnya, ketika menyewa maka modal yang dibutuhkan pun juga harus cukup besar. selain itu kalian jugaharus memperhitungkan perlengkapan - perlengkapan lain, seperti biaya gantungan baju, hanger, dan lain lain.

Setelah kalian menentukan modalnya, ada beberapa hal yang harus kalian lakukan, Dilansir dari finance.detik.com, ada beberapa hal yang harus kalian kalian lakukan untuk memulai usaha trhifting ini, yaitu :

1. Tentukan Produk Apa yang Ingin Dijual

Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah kalian harus menentukan terlebih dahulu target marketnya, apakah kalangan pria, wanita, atau keduanya, dan juga perhatikan usia dari target market kalian, apakah target market kalian adalah para remaja, orang dewasa, dan yang lain.

Dengan begitu kalian bisa tahu, apa saja produk yang akan kalian jual nantinya, misal target market kalian adalah para remaja, kalian bisa menjual hoodie, jaket, sweater, dan lain - lain. 

2. Pasang Harga yang Sesuai 

Selanjutnya hal yang perlu kalian lakukan adalah menentukan harga yang pas, karena barang - barang yang dijual merupakan barang bekas, maka harganya pun juga relatif murah. Namun kalin bisa menjual dengan harga yang cukup tinggi, tergantung dari kualitas barngnya dan mereknya.

Apabila ada barang dengan merek terkenal, dan kualitasnya masih bagus, kalian bisa menjualnya dengan harga yang cukup tinggi. Jadi jangan malas - malas untuk menyortir barang dagangan kalian ya sob!

3. Pilih Tempat Jualan

Nah ini merupaka satu hal yang tidak bisa disepelekan ya sob! Pemilihan tempat berjualan yang asal - asalan, bisa berdampak buruk bagi bisnis kalian. Pilihlah tempat berjualan yang strategis, mudah di temukan dan diakses orang, dan ramai akan pengunjung. Sehingga peluang kalian untuk mendapatkan keuntungan semakin banyak.

Jangan pilih tempat yang susah diakses dan kurang strategis, karena ketika tempat kalian susah diakses oleh calon pembeli, maka peluang kalian untuk mendapatkan keuntungan semakin kecil. Lantas bagaimana ketika tidak punya tempat untuk berjualan?

Kalian bisa menjual barang - barang kalian secara online di marketplace atau e-commerce yang ada, dengan memanfaatkan kemajuan tekhnologi yang ada kalian bisa meraup keuntungan yang lebih besar. Kebetulan di solusi.kasirpro.com ada artikel tentang Cara Berjualan Online di Marketplace Agar Mudah Cuan, yang bisa kalian cek!

4. Giat Melakukan Promosi

Hal yang terakhir yang bisa kalian lakukan adalah giat untuk melakukan promosi, dengan giat dan tekun melakukan promosi, maka akan semakin banyak orang yang mengenal bisnis kalian. Namun untuk mempromosikan barang - barang thrift memang membutuhkan usaha yang lebih, dikarenakan barang - barang yang dijual adalah barang bekas.

Oleh karena itu, kalian bisa memanfaatkan medsos untuk mempromosikan barang - barang kalian, seperti facebook, instagram, bahkan juga whatsapp. Kalian bisa mengenalkan barang - barang kalian dengan konten - konten yang bermanfaat dan keren. Kalian bisa juga memberikan promo - promo yang menggiurkan bagi pelanggan. Dan banyak hal yang bisa kalian lakukan untuk mempromosikan barang dagangan kalian.


Kesimpulan

Dan itu tadi adalah Apa Itu Bisnis Thrifting? dan Tips Memulainya,  gimana nih sob? langsung dipraktekin ya! Oh ya yang penting ketika kalian berbisnis adalah kalian mampu mengelola bisnis kalian dengan baik dan benar.

Dan salah satu caranya adalah kalian bisa mencoba platform atau aplikasi yang bisa membantu kalian untuk mengatur bisnis kalian. Salah satunya KasirPro.

Jadi KasirPro adalah aplikasi layanan kasir digital yang bakalan bantu kalian sama yang namanya, perkasiranpencatatan atau pembukuan, dan laporan penjualan.

So, sampai di sini dulu artikel kali ini, terimakasih buat kalian yang udah baca sampai selesai, jangan lupa untuk lihat dan baca artikel artikel kami lainnya. Share juga postingan atau artikel ini supaya makin bermanfaat untuk orang lain.

Bersama KasirPro Ayo Jadi Lebih Pro!

Komentar